Catatan Nona 29

Picture: Pinterest

Selamat Hety! 9 April, beberapa sekian hari yang lalu. Akhirnya 29 juga. Setelah dulu digadang-gadang, akhirnya sekarang merasakan. Apa rasanya 29?

Saya merasa 29 sudah sejak 28. Lhoh! Jangan tanya saya. Mulanya, saya pun enggak merasa. Orang-orang itu yang dengan ceriwis yo wis selalu mengingatkan kalau saya sebentar lagi 29. Tidak pantas begini, tidak pantas begitu, harus begini, harus begitu, ingat umur, begitu katanya.

Seolah hidup ada SOP-nya. Umur sekian yang harus dilakukan adalah, umur sekian yang harus dilakukan adalah, umur sekian yang harus dilakukan adalah.

Entah, apa pentingnya bagi mereka untuk mengingatkan saya. Lha wong yang menjalani kehidupan ini saya. Mereka ya kehidupan mereka.

Oh ya, saya ingat. Mereka enggak bisa enggak berkomentar saat saya khusyuk menonton film-film Disney. Mereka geleng-geleng kepala saat saya pesan Happy Meal demi mainan. Mereka nyinyir saat saya membeli stationery lucu.

Nyatanya, mereka memang seperti itu. Selalu berisik. Apa iya itu tanda sayang??

Karena sudah diusik menjadi 29 sejak 28, maka detik-detik jelang ke-29-an saya kemarin, saya lalui dengan biasa saja. Yang tak berubah adalah ritual puji syukur masih diberi perpanjangan hidup.

Di tengah malam perpanjangan hidup itu, saya tak bisa memejamkan mata. Saya tak bermaksud menunggu orang pertama yang akan mengucapkan panjang umur. Bagi saya, ini adalah sesi personal saya dengan yang maha segala.

Tak ada semoga, semoga, semoga. Detik itu, diberi perpanjangan umur saja sudah karunia tak terhingga. Saya masih dipercaya hidup. Saya masih diberi kesempatan. Saya masih … memikul tanggung jawab.

Jadi, izinkan tulisan ini menjadi tulisan pertama di blog saat 29. 29 yang kemudian membuat saya senyum-senyum sendiri untuk mengingat apa yang belum saya lakukan di 28. Ini ada kesempatan (lagi), ayo!

Happy birthday! You are getting old, darling!

Lho, mbak Het itu 29 ta? Apa iya? Aku kira masih 26, 27-an gitu. Enggak keliatan sih. Ah, Mbak Het. Mbak kan gitu.”

Leave a Reply

