Serunya Site Visit Busway – Passer Baroe

Ini bukan dua – tiga hari saya baru mem-follow akun Twitter @JKTgoodguide. Sudah lama saya ngiler melihat cuitan jadwal jalan-jalan mereka di akun Twitter. Jalan-jalan di sini literally ‘jalan’ ya alias ‘jalan kaki’. Sebagai orang yang hobi jalan-jalan, saya selalu penasaran dengan destinasi yang mereka tuju: Menteng, Jatinegara, Kota Tua, China Town, Pasar Baru, Cikini, Cilincing, dan sebagainya. Aneh?? Enggak juga. Justru rute-rute ‘tak terduga’ seperti ini yang sering kita lewatkan sebagai penduduk Jakarta (baik pribumi maupun pendatang hehe). Ya kan??!!

Akhirnya, cita-cita saya jalan-jalan bareng @JKTgoodguide tercapai hari Sabtu (28/1) kemarin. Yang istimewa, pada kesempatan kali ini mereka lagi punya gawe dengan @ITDPIndonesia dan @PT_Transjakarta dalam acara yang bernama ‘Site Visit Busway – Passer Baroe’. Acara ini sebenarnya merupakan kombinasi antara walking tour dan sosialisasi tentang Bus Rapid Transit (BRT). Yuk, baca ulasannya dalam tulisan ini!

‘Site Visit Busway – Passer Baroe’.

‘Site Visit Busway – Passer Baroe’.

ITDP (Institute for Transportation and Development Policy) yang saya sebut di atas merupakan sebuah lembaga non-profit (Non-Governmental Organization/NGO) yang bergerak di isu sistem transportasi, baik inovasi maupun advokasi kebijakan. ITDP berkerja sama dengan United Nations Environment Programme (UNEP) untuk memberikan pendampingan teknis kepada pemerintah DKI Jakarta terkait pengoperasian Bus TransJakarta melalui sebuah proyek yang bernama ‘Bus Rapid Transit and Pedestrian Improvements in Jakarta’.

Salah satu program yang rutin dilaksanakan setiap bulan adalah ‘Site Visit Busway’. Mulanya, program ini hanya ditujukan untuk anak-anak saja dalam mengenalkan moda transportasi Transjakarta yang bisa mereka naiki saat ke sekolah nanti. Kemudian, muncullah ide untuk berkolaborasi dengan @JKTgoodguide, berupa walking tour yang diselingi dengan sosialisasi tentang BRT. Agar lebih soulful dalam mengenal BRT di Jakarta, ada kesempatan untuk naik Bus Transjakarta Vintage Series. Asyik!

Ngapain aja sih acaranya??
Pukul 07.30 WIB, para peserta sudah berkumpul di Halte Bundaran Senayan. Setelah briefing dari penyelenggara acara, kami dipersilakan untuk menaiki Bus Transjakarta – Vintage Series dengan riang gembira. Selama perjalanan menuju Halte Monas, kami diberikan informasi terkait keberadaan Bus Transjakarta plus sesi tanya jawab. Suasananya seru karena banyak fakta menarik yang terungkap yang sebelumnya tidak kami ketahui. Serta, keberadaan ornamen di dalam bus yang membuat kami sibuk sendiri dengan kamera masing-masing. Kapan lagi bisa naik Bus Transjakarta yang sampai saat ini masih limited edition alias baru ada dua armada.

Djaoeh - Dekat Rp 3500

Djaoeh – Dekat Rp 3500

Poster jadul yang bakal banyak kamu temui di dalam Bus Transjakarta - Vintage Series.

Poster jadul yang bakal banyak kamu temui di dalam Bus Transjakarta – Vintage Series.

Selain poster jadul, ada juga tempelan koran jadul di dalam Bus Transjakarta - Vintage Series.

Selain poster jadul, ada juga tempelan koran jadul di dalam Bus Transjakarta – Vintage Series.

Berhubung sampai sekarang baru ada dua armada, grab them fast kalau ketemu di jalan hihi.

Berhubung sampai sekarang baru ada dua armada, grab them fast kalau ketemu di jalan hihi.

Sesampai di Halte Juanda, kami turun dan bersiap memulai walking tour. Walau cuaca mulai mendung, kami tetap bersemangat. Dengan rute yang sama, rombongan dibagi menjadi dua. Masing-masing dipandu oleh guide dari @JKTgoodguide yang akan bercerita tentang sejarah atau bangunan yang kita lewati. Rutenya adalah Masjid Istiqlal – Gereja Katedral – Pintu Air – Santa Ursula – Gedung Filateli – Gedung Kesenian Jakarta – Gedung Foto Antara – Toko Kompak – Vihara Sin Tek Bio – Gereja Pniel – Halte Pasar Baru.

Tour guide dari @JKTgoodguide ini tahu banget cara cerita Jakarta dari sisi yang asyik.

Tour guide dari @JKTgoodguide ini tahu banget cara cerita Jakarta dari sisi yang asyik.

Saat tiba di Gereja Katedral, hujan menderas. Untungnya, kami semua sudah diminta membawa payung atau jas hujan. Kami sempat berteduh di Gedung Filateli dan Gedung Kesenian Jakarta. Nyatanya, hujan tak membuat semangat kami menurun untuk tetap melanjutkan perjalanan. Hampir dua setengah jam kami melahap habis rute itu. Serta, diselingi dengan makan bersama di Bakmi Gang Kelinci. Di akhir acara, kami naik Bus City Tour ‘Mpok Siti’ untuk diantar kembali ke Halte Bundaran Senayan.

Ooo, Ternyata …
– Bus Transjakarta yg beroperasi di Jakarta (Indonesia) termasuk dalam kategori Bus Rapid Transit (BRT).
– Jakarta merupakan kota dengan koridor busway terpanjang di dunia, yaitu 12 koridor dan saat ini sedang berlangsung pembangunan untuk koridor 13.
– ‘Busway’ merupakan jalur/jalan/lintasan bus. Sedangkan ‘Transjakarta’ merupakan bus. Banyak orang yang tertukar istilahnya.
– Bus Transjakarta di Indonesia diinisiasi sejak tahun 2004 saat periode Gubernur Sutiyoso.
– Sampai saat ini, Bus Transjakarta terus berkembang dengan memperluas jangkauannya sebagai salah satu moda transportasi massal. Tercatat, ada 12 koridor dan 232 halte di Jakarta.

Tulisan ini memang sengaja dibuat singkat biar kalian penasaran dan membuktikan sendiri hehe. So, pengen ikutan juga dengan acara serupa? Stand by terus di akun media sosial @JKTgoodguide atau @ITDPIndonesia Pasti ada rute baru yang nggak kalah serunya…

PS.
Saya nulis ‘Tanjung Priok’ di feedback form yang dibagikan. Seru juga kan, bisa kenal lebih jauh kawasan yang mirip area film Transformers ini, di mana sejauh mata memandang truk tronton! Moga-moga dikabulkan ya. Amin.

Advertisements
2 comments
  1. Ahmad said:

    Bus Transjakarta … seru juga bisa naik busway ….

    Like

    • Hety said:

      Iya, tungguin aja. Acara Site Visit Busway ini seru buat mengenal lebih dekat moda transportasi publik di Jakarta. Banyak hal yang baru aku tahu pasca ikut acara ini. Jadi kenalan sama orang-orang baru juga 🙂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: