Acer Switch Alpha 12, Jodoh Positif NGO Officer

Memfasilitasi Forum Keberlanjutan Kapuas Hulu.

Memfasilitasi Forum Keberlanjutan Kapuas Hulu.

IMG_4107

Saya selalu bingung saat ditanya oleh sepupu-sepupu kecil apa pekerjaan saya selama ini. Bagi mereka, saya selalu tampak sibuk, ke sana-ke mari, dan ada saja yang saya kerjakan. Boleh percaya atau tidak, rasa penasaran mereka baru terhenti saat saya membawa oleh-oleh dari suatu tempat, pun hanya sekadar cerita.

Likes’ di akun Instagram dari sepupu-sepupu kecil juga tiada henti saat saya mengunggah foto di mana saya berada saat itu. Saat bertemu, mereka selalu bertanya riang tentang apa yang saya lakukan, bagaimana keadaan daerah di sana, bagaimana rasa makanannya, pokoknya berbagai macam pertanyaan. Mereka antusias untuk mendengarkan cerita saya.

Jadi, apa pekerjaan saya? Pendongeng handal untuk para sepupu kecil?

Walau bidang pekerjaan saya tidak masuk dalam kategori ‘The Most In-Demand Jobs’ versi situs http://www.forbes.com, saya mencintai pekerjaan saya. Ya, sudah hampir empat tahun ini, saya terjun di bidang ‘community development’ (pemberdayaan masyarakat) melalui sebuah organisasi non-profit atau dalam bahasa Inggris lebih dikenal dengan sebutan NGO (Non-Govermental Organization, dalam bahasa Indonesia diartikan juga sebagai Lembaga Swadaya Masyarakat).

Bidangnya memang hanya satu, yaitu ‘community development’, tapi percaya atau tidak, dalam empat tahun itu, saya sudah mencicipi berbagai profesi di dalamnya. Sebut saja, mulai dari guru di daerah terpencil sekaligus fasilitator masyarakat (education improvement facilitator), staf personalia (Human Resources Officer) yang menangani rekrutmen staf di NGO, staf kemitraan (Partner Engagement Officer) yang mencari dana dan kemitraan untuk suatu program, sampai sekarang yang terakhir saya jalani adalah menjadi staf program dan komunikasi (Program and Communication Officer) di sebuah NGO. How switchable am I, right?

Dengan berbagai profesi semacam itu, jangan ditebak jika saya hanya duduk di belakang meja di sebuah bangunan yang disebut kantor. Tidak! Pekerjaan yang saya tekuni selalu membawa saya untuk bertemu orang-orang baru sekaligus pergi ke tempat-tempat baru. Mulai dari site visit (kunjungan ke daerah), asesmen daerah, maupun mengikuti konferensi. Pokoknya, pas sekali dengan saya, Si Ekstrovert yang suka jalan-jalan dan menulis blog. Walau judulnya bekerja, tetap saja, selalu ada sisi lain yang bisa saya ceritakan di blog, seperti pengalaman bertemu orang baru atau berada di suatu daerah yang baru. Asyik, kan?

Jadi, seperti kata orang, menyenenangkan saat kita bisa bekerja sesuai dengan apa yang kita sukai. Hobi yang dibayar, katanya.

Jodoh Positif

Dengan pekerjaan dan hobi yang hampir menyatu semacam itu, maka bertemu perangkat teknologi bernama Acer Switch Alpha 12 seperti bertemu jodoh. Banyak hal positif yang bisa saya lakukan dengan Acer Switch Alpha 12. Bahkan, membuat saya lebih produktif.

Bayangkan saja, saat saya bertemu dengan sepupu-sepupu kecil yang menagih cerita perjalanan saya, saya bisa dengan mudah bercerita sambil menunjukkan foto-foto melalui Acer Switch Alpha 12. Dengan desain yang ramping, ringan, dan fleksibel, saya bisa mengubahnya menjadi sebuah tablet yang ‘handy’ (mudah untuk dipegang) karena ketebalannya hanya 9,5 mm dan berat 900 gram.

acer-switch-alpha-12_2

Selain itu, dengan layar 12 inci berteknologi IPS (In Plane Switching), QHD (Quarter High Definition), multi-touch, serta resolusi 1.260×1.440 piksel menjadikan area pandang lebih luas. Tentu bercerita dengan visualisasi foto akan menarik dan melengkapi imajinasi para sepupu kecil saya.

Lalu bagaimana dengan bekerja saat di lapangan?

Acer Switch Alpha 12 rupanya juga menjawab kemalasan saya selama ini. Saya sering malas membawa laptop kalau sedang berada di luar karena berat untuk dibawa. Maklum, tempat meeting selalu berpindah-pindah dan tuntutan berkerja tidak selalu di belakang meja, seperti dinas di daerah. Maka dengan Acer Switch Alpha 12 ini, saya bisa membawanya ke mana-mana. Acer Switch Alpha 12 terdiri dari tablet, kickstand, dan keyboard docking. Total keseluruhan hanya 1,25 kg.

acer-switch-alpha-12_1

Jika sedang bekerja di lapangan bersama masyarakat atau berada di daerah yang minim listrik, saya tidak perlu resah jika tidak menemukan colokan listrik. Daya tahan Acer Switch Alpha 12 bisa mencapai 8 jam karena karena dilengkapi baterai berkapasitas 4.870mAh.

Menjelaskan sebuah program kepada klien atau masyarakat juga lebih mudah dengan ilustrasi yang saya buat dengan stylus pen. Stylus pen atau pena digital ini bisa digunakan untuk mencoret-coret layar. Dengan sensitivitas sampai 256 tingkat tekanan, pengalaman menulis digital menjadi lebih rapi dan mudah di layar Acer Switch Alpha 12.

acer-switch-alpha-12_3

Ups, jujur, biasanya karena keasyikan bekerja dan dilanjutkan menulis cerita di blog, laptop harus menyala terus-menerus dan panas (overheating). Eh, tapi tidak dengan Acer Switch Alpha 12. Acer Switch Alpha 12 mengkombinasikan prosesor Intel Core i dan sistem pendingin Liquid Loop, yaitu pendingin yang bisa menstabilkan suhu mesin laptop tanpa kipas. Karena bentuknya berupa cairan pendingin, tidak ada suara bising dari mesin laptop (tidak ada ventilasi di sisi pinggiran laptop). Canggih, ya?

Tidak cuma itu, Acer Switch Alpha 12 juga mempunyai Acer BlueLight Shield, yaitu sebuah teknologi yang mampu melindungi mata dari emisi cahaya biru dari layar penyebab mata lelah dan kering. Jadi, saya bisa tenang dan riang berlama-lama di depan komputer.

Jadi, percaya kan Acer Switch Alpha 12 jodoh saya, eh jodoh positif seorang NGO Officer?

acer-switchable-me-story-competition

3 comments
  1. Lisna said:

    Aku juga mau berjodoh sama laptop acer ini,hihihi.

    Like

  2. Percayaaa.. notebook yang begini nih jadi andalan banyak orang, eh atau jadi jodoh positif banyak orang juga ya? 🙂

    Like

  3. Jade Ayu said:

    Visit ke daerah pasti selalu punya cerita yg beda2 ya

    Like

Leave a Reply

