Sa Choom, Beyond Dancing

Sa Choom datang kembali ke Jakarta dalam rangkaian Jakarta Performing Arts & Tourism Festival yang diselenggarakan pada 24 – 26 November 2016. (Dokumentasi: KTO Jakarta)

Sa Choom datang kembali ke Jakarta dalam rangkaian Jakarta Performing Arts & Tourism Festival yang diselenggarakan pada 24 – 26 November 2016. (Dokumentasi: KTO Jakarta)

Hari Kamis (24/11) kemarin, saya mendapatkan undangan untuk pertunjukkan Sa Choom di Ice Palace Lotte Shopping Avenue sebagai bagian dari Wow Korea Supporters. Ini pengalaman pertama saya melihat pertunjukkan asal Korea ini, sekaligus pengalaman pertama masuk ke Ice Palace, Lotte Shopping Avenue. Where have u been, Het? Saya surprise di Lantai 4 ada venue untuk pertunjukkan.

Sa Choom atau kependekan dari Saranghamyeon Choom chuora (dalam bahasa Indonesia artinya ‘Jika kamu cinta, menarilah!’) merupakan salah satu pertunjukan tari asal Korea yang menyuguhkan pertunjukan menghibur dengan kemasan cerita yang unik. Bayangkan ya, dalam satu kali pertunjukkan dan satu bingkai cerita, Sa Choom memadukan hip hop, jazz, tekno, break dance, pop dance, sampai gaya tarian kontemporer. Oh ya, Sachoom merupakan pertunjukkan non-verbal. Jadi, semua ditampilkan dalam bentuk visual/tarian, tanpa dialog panjang lebar. Full music!

Ada 6 bagian dalam sebuah pertunjukkan Sa Choom:
1. Life the body
2. Lantern dance
3. Sensuality and temptation
4. Hero
5. Contest
6. Let’s dance – Ini adalah bagian favorit saya karena pengunjung diajak berdiri dan menari bersama =D

Bagi saya yang baru pertama kali menonton, pertunjukkan kemarin sangat menghibur. Unforgetable. Sampai-sampai, saat menulis ini, kepala saya masih bergoyang mengikuti lagu-lagu tadi malam. Sebagai penonton, kita benar-benar dibuat untuk mengikuti hentakan musik serta bersorak “Aaaaaaa, Waaaaa, Woooo …” sepanjang pertunjukkan. Penonton juga dibebaskan untuk ikut menari, memfoto, dan ikut bersuara. Justru, kalau penonton diam saja, tak beraksi apa pun, para pemain Sa Choom turun panggung dan beraksi lucu.

Sebagai penutup pertunjukkan yang manis, semua penonton diajak menari bersama mengikuti koreografi yang sudah disiapkan. Para pemain Sa Choom sangat ramah dan interaktif dengan penonton. Tak lupa, mereka juga menyediakan sesi foto bersama di depan venue.

Sa Choom, we love u!

3 fakta Sa Choom yang harus kamu tahu:
– Slogan Sa Choom adalah ‘Dance is the most honest language’.
– Ternyata, Sa Choom merupakan pertunjukan budaya khas Korea yang paling banyak dicari oleh penonton asing, lho!
– Sachoom menjadi pertunjukan penting dalam berbagai acara besar di dunia termasuk di Festival Fringe Edinburgh di Scotlandia. Keren!

Sa Choom online:
http://www.sachoom.com
http://www.facebook.com/sachoom
http://www.twitter.com/sachoom

Sa Choom di Korea:
Sa Choom Theater, Cine Core 4 F, 386 Samil-daero, Jongno-gu, Seoul, Korea

Sumber: Press release Korea Tourism Organization (KTO) Jakarta, 25/11/2016
Tentang KTO Jakarta: http://www.visitkorea.or.id/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: