Kenalan PM Menggunung

PM Menggunung atau Pengajar Muda Menggunung. Sebuah prakarsa yang berisi alumni Pengajar Muda yang suka dan sudah fasih (baca: sering) naik gunung. Sebelum ada grup ini, ternyata sudah banyak alumni Pengajar Muda yang naik gunung bersama, baik di daerah penempatannya maupun daerah lain. Konon katanya, naik gunung bersama sesama alumni Pengajar Muda itu rasanya beda. Susah senang dijalani bersama. Eh, bukannya memang harus begitu, ya? Entah.

Dari sini …

Semua berawal saat acara #SelepasPenempatan 27 Agustus lalu. #SelepasPenempatan adalah reuni sepuluh angkatan Pengajar Muda sekembali dari daerah penempatan. Terbayang kan, bagaimana Pengajar Muda angkatan I yang dikirim tahun 2010 dipertemukan dengan Pengajar Muda angkatan II, III, IV, V, VI, VII, VIII, IX, bahkan X yang dikirim selama lima tahun berturut-turut. Ada rasa haru, sekaligus lucu. Ini bukan soal berapa umurmu, tua-muda, seperti reuni kebanyakan. Tahun kelahiran tidak berlaku di sini. Bisa jadi kamu yang berumur sekian ternyata lebih tua daripada Pengajar Muda angkatan sebelumnya. Unik, kan? Inilah yang kami sebut #BukanReuniBiasa.

Ayo guyub. 278 alumni Pengajar Muda, 10 angkatan.

Ayo guyub. 278 alumni Pengajar Muda, 10 angkatan.

Selain itu, ini menjadi #BukanReuniBiasa karena akhirnya kami dipertemukan setelah sekian lama. Tinggal di suatu daerah selama satu tahun dan digantikan berturut-turut oleh empat orang yang berbeda membuat ikatan ini mirip sebuah keluarga. Ini tidak terjadi di satu daerah saja, lho! Tujuh belas kabupaten! Terlihat solid dari luar hanya karena sesuatu yang kami sebut sebagai ‘melunasi janji kemerdekaan’ seperti kata pendiri gerakan ini. Tetap saja, kami belum bisa membuktikan kekompakan kami sampai acara ini terselenggara. Ajang pembuktian, begitulah.

Nyatanya, cek saja hari itu. Kami tidak melulu dipersatukan atas nama ‘melunasi janji kemerdekaan’. Sebagai alumni Pengajar Muda, kontribusi kami lebih ditantang. What’s next?

Beda daerah penempatan atau beda angkatan bukan menjadi masalah. Di acara reuni kemarin, untuk bisa berkontribusi ke depan, kami memulainya dengan forum-forum kecil berdasarkan preferensi kesukaan. Alumni Pengajar Muda yang selama ini terjun di politik pemerintahan atau berminat dengan isu politik, bersatu dalam forum ‘Mari Bicara Politik’. Ada juga yang kini sudah berumah tangga, membuat forum ‘Keluarga Muda’. Yang hobi olahraga, makan sehat, bisnis start-up, sampai jomblo-jomblo yang berkumpul di ‘Pojok Single’. Tujuannya tentu saja, berkolaborasi dan bersinergi.

Kamu di mana …

PM Menggunung!

PM Menggunung!

Kalau kamu tanya saya pilih apa waktu itu, saya terkikik sendiri, mengingatnya. Mendadak #SelepasPenempatan bisa mengabulkan mimpi saya. Saya berkumpul bersama teman-teman yang sudah fasih naik gunung di grup PM Menggunung. Agak beban mental juga sih, mengingat saya belum pernah naik gunung sebelumnya. Cita-cita saya sederhana: bisa naik gunung sebelum menikah (please, jangan tertawa). Di luar dugaan, teman-teman PM Menggunung justru menyambut hangat sembari becanda, “Naik gunung dulu sebelum naik pelaminan,” dan spontan mengajukan penawaran, “Yuk, Lawu besok Oktober!!” Jeng-jeng …

Bersambung ke …

Bagian 2 cerita ini: Pendaki Pemula Berbagi Cerita
Bagian 3 cerita ini: Pengalaman Pertama Naik Gunung Lawu (1)
Bagian 4 cerita ini: Pengalaman Pertama Naik Gunung Lawu (2)

5 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: