Gang Satu Nomor Satu

Selamat satu minggu!

Malam ini adalah malam anniversary dengan kosan baru. Yeah, genap satu minggu menempati kosan di gang satu nomor satu. Hei, ini bukan setting-an! Kata Ibu kos, alamatnya memang begitu.

Satu minggu yang lalu, di saat orang lain berlibur dan pulang kampung, saya justru pindahan. Ada untungnya juga pindahan saat long weekend seperti kemarin. Selain sepi, ada sisa waktu untuk recovery (percayalah, pindahan itu lelah hehe).

Oh ya, ini adalah kali keempat saya pindah. Jadi, kalau ditanya rasa, yaa … begitulah! Saya selalu excited dengan tempat baru. Walaupun begitu, ada juga beberapa orang yang justru mendadak stress saat pindah. Wajar sih, antara susah move on dan banyaknya barang yang harus dikemasi.

Sebagai persembahan malam anniversary dengan kosan yang baru, berikut tips pindahan dari saya yang, yah, siapa tahu berguna bagi anak perantuan di mana pun kalian berada.

Kata teman sekosan, barang-barang saya banyak banget karena hobi saya mengoleksi 'printilan'. Katanya, yang saya butuhkan bukan kosan, tapi rumah. Bakal full furnish, deh! haha.

Kata teman sekosan, barang-barang saya banyak banget karena hobi saya mengoleksi ‘printilan’. Katanya, yang saya butuhkan bukan kosan, tapi rumah. Bakal full furnish, deh! haha.

Pertama
Sediakan kardus atau tas plastik berukuran besar untuk storage barang-barang kita. Pengalaman pindahan empat kali, saya lebih nyaman mengemasi barang-barang dengan tas plastik berukuran besar. Saya membeli tas plastik ini di Pasar Kebayoran Lama bergambar Mickey Mouse dan Teddy Bear (mereka sudah ikut saya pindahan tiga kali, lho! #catet #penting). Sedangkan, kalau kardus, saya selalu bertanya ke Indomaret atau Alfamaret samping kosan. Apakah ada kardus yang bisa diminta gratis atau berbayar.

Kedua
Jangan menceraikan barang-barang. Kamu pernah nonton film Toy’s Story? Kamu percaya bahwa barang-barang bisa berbicara? Kalau saling berpisah, mereka pasti sedih hihi. Enggak, deng. Maksudnya, mengemasi barang-barang kita dalam satu golongan akan memudahkan kita saat akan menata kembali di tempat yang baru. Baju, baju semua. Buku, buku semua.

Ketiga
Seperti ajaran guru Matematika, kerjakan dari hal yang paling mudah. Begitu pula dengan pindahan. Kemasi barang-barang dari barang yang paling sering kita gunakan. Setelah itu, coba lihatlah sekelilingmu. Kalau ada barang (hayo, ngaku!), itulah barang-barang sisa. Bagi saya, pilihannya ada dua. Kalau masih cinta, segera kembali, eh kemasi. Sedangkan, kalau memang sudah biasa saja daripada hanya menambah beban kehidupan, lebih baik berikan ke orang yang membutuhkan atau garage sale sekalian.

Selalu ingat, pindahan itu ribet, jadi jangan ditambah ribet dengan pikiran-pikiran kita sendiri. Percaya atau enggak, empat kali pindahan, selalu saya lakukan sendiri (tidak termasuk transportasi mobil box, ya…). Ada beberapa teman yang menawarkan bantuan tapi bagi saya, pindahan adalah personal moment dengan barang-barang kita. Lebih dari itu, mengingat betapa banyaknya barang-barang saya, pindahan bagai stock opname (emang toko?). Masa untuk mengingat apa saja yang dipunya (dan yakin masih berani merasa kurang?? #Selftalk)

New day has come

4 comments
  1. Bukik said:

    Aku baru minggu ini pindahan. Sepertinya barangku gak sebanyak itu deh huehehe
    Tapi tipsnya patut dicoba

    Like

    • Hety A. Nurcahyarini said:

      Ahaha. Thanks, Mas Bukik. Mulai sekarang mau hidup ‘sederhana’ aja, mengurangi ‘printilan’, kecuali sepatu :))

      Like

  2. Bunda said:

    Saya tahun kemarin pindahan, dan nyicil barangnya itu dari 4 bulan sebelumnya. Benar-benar nyicil. Mulai dari printilan sampai yang besar-besar, bertahap pindahannya.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: