RPG, Rumah Harapan

Atas rekomendasi dan networking salah seorang relawan #RUBIBawean (thanks to: @AstaDewanti), akhirnya, Senin (10/8) pagi itu, kami berhasil beraudiensi dengan kepala dinas dan beberapa staf Dinas Kesehatan, Situbondo.

Saya yang biasanya ribet soal pakaian, berusaha tetap cool dengan skenario yang kami susun bersama. Karena rencana saya sebelumnya adalah pulang kampung ke Bawean, saya tak menyiapkan setelan formal plus (sekedar) flat shoes agar ‘terlihat’ layak untuk bertamu ke sebuah instansi. Biarlah jeans dan sandal gunung ini menjadi Outfit Of The Day (OOTD) saya hari ini.

Audiensi dengan kepala dinas dan beberapa staf Dinas Kesehatan Situbondo (please, jangan lihat outfit saya). (foto: @emtibyan)

Audiensi dengan kepala dinas dan beberapa staf Dinas Kesehatan Situbondo (please, jangan lihat outfit saya). (foto: @emtibyan)

Berfoto bersama pengurus Rumah Pemulihan Gizi (RPG) Balita dan para ibu (foto: @emtibyan)

Berfoto bersama pengurus Rumah Pemulihan Gizi (RPG) Balita dan para ibu (foto: @emtibyan)

Tampak depan, bangunan RPG warna-warni.

Tampak depan, bangunan RPG warna-warni.

Salah satu ruang pemeriksaan di RPG.

Salah satu ruang pemeriksaan di RPG.

Relawan #RUBIBawean berinteraksi dengan para petugas dan para ibu.

Relawan #RUBIBawean berinteraksi dengan para petugas dan para ibu.

Setelah memperkenalkan diri dan menjelaskan latar belakang kehadiran, kami diantar oleh Ibu Rina ke Rumah Pemulihan Gizi (RPG), yang letaknya di belakang gedung Dinas Kesehatan. RPG adalah sebuah inisiatif atas pendirian rumah ‘singgah’ yang menyediakan fasilitas pelayanan dan pemulihan kesehatan bagi balita yang kekurangan gizi. Peresmian RPG pada 13 Februari 2014 di kabupaten Situbondo juga sejalan dengan program pemerintah pusat yang mewajibkan pendampingan balita selama 1.000 hari sejak dilahirkan.

Saat berkunjung ke sana, saya sempatkan berinteraksi dengan dua orang ibu yang membawa anak-anaknya untuk berobat dan menjalani terapi di RPG. Dua orang ibu itu sama-sama mengaku terbantu dengan keberadaan RPG. Anak-anak mereka yang semula divonis sakit, pelan-pelan menunjukkan perkembangan berarti. Mereka bersedia bersabar untuk menjalani proses pengobatan dengan datang ke RPG beberapa kali dalam seminggu.

(foto: @emtibyan)

(foto: @emtibyan)

(foto: @emtibyan)

(foto: @emtibyan)

(foto: @emtibyan)

(foto: @emtibyan)

Saya pun juga berkesempatan untuk mengobrol lebih jauh dengan I bu Rina tentang suka duka mengurus RPG selama ini. Menurut Ibu Rina, tantangan terbesar adalah mengajak keluarga yang anaknya menderita sakit untuk dibawa ke RPG. Keluarga, khususnya para ibu, masih banyak yang belum percaya bahwa pengobatan dan terapi yang diberikan RPG mampu menyembuhkan anak-anak mereka. Semuanya berproses. Semakin rutin berkunjung ke RPG dan si anak menunjukkan perkembangan, barulah para ibu mulai percaya dan berdatangan.

Selain itu, tantangan juga hadir pada pola budaya yang masih tradisonal pada sebagian besar masyarakat Situbondo, seperti pola hidup sehari-hari. Tanpa disadari, perempuanlah yang mempunyai kontribusi besar pada pola hidup sebuah keluarga. Bayangkan, mulai dari melakukan pekerjaan di ranah domestik, mengandung, melahirkan, sampai mengasuh dan membesarkan anak pada sebuah keluarga. Berangkat dari fakta ini, maka perempuan harus didorong dan diberi kesempatan seluas-luasnya untuk mendapatkan pendidikan maupun akses informasi.

Obrolan dengan Ibu Rina mengingatkan saya pada obrolan dengan Ibu Dewi di Gresik (masih ingat kan, cerita saat saya mengunjungi SMA Muhammadiyah 1 Gresik). Tanpa janjian, di dua kabupaten yang berbeda, mereka sama-sama membicarakan isu perempuan dengan saya. Saya pun teringat saya pernah jatuh cinta dengan mata kuliah Studi Gender di kampus. Semua tentang gender, saya ‘sikat’ habis, baik di jurusan sendiri maupun jurusan tetangga yang satu fakultas. Yeah, kalau dulu hanya sekedar modul dan diskusi bangku kuliahan, saya tersadar, saat inilah, saya menghadapi kondisi nyata di lapangan.

Rumah Pemulihan Gizi (RPG) Balita
Lokasi: Dinas Kesehatan Situbondo
Jalan Panglima Besar Jenderal Sudirman no.14
Situbondo Jawa Timur 68312

Leave a Reply

