Merdeka Untuk Berbagi

Dengan kemarin, resmi sudah saya dua kali berturut-turut, bertujuh belas agustusan tanpa upacara di ibu kota. Apakah sama dengan kamu? Ternyata, selain upacara bendera, masih banyak kegiatan lain yang bermanfaat untuk memaknai kemerdekaan republik ini.

Tahun 2014 lalu, bersama alumni Pengajar Muda, kami melakukan napak tilas kemerdekaan dengan mengunjungi dua museum dan satu monumen di Jakarta. Mengadopsi konsep Amazing Race, kami membagi diri dalam kelompok dan saling berkompetisi untuk sampai di lokasi tujuan melalui clue yang diberikan. Sebagai bukti jika sudah sampai di tempat yang ditentukan dan menjawab pertanyaan yang diajukan, kami berfoto, lalu mengirimkannya melalui Whatsapp. Benar-benar Amazing Race yang kekinian.

Lagi-lagi, tanggal 17 Agustus 2015 kemarin, saya tidak melakukan upacara bendera. Kali ini, bersama teman-teman relawan, kami melakukan kegiatan berbagi buku yang terkumpul sebagai donasi. Mengusung konsep kolaborasi, pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan memberikan kontribusi sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Grabtaxi dan grabbike mengantarkan para relawan dari Indonesia Berkibar dan Nusantara Bertutur membawa buku-buku dari Femina ke beberapa Rumah Belajar Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) dan Sekolah Dasar. Adapun Rumah Belajar dan Sekolah Dasar tujuan kami ada 6, yaitu Rumah Belajar Duri Kepa, Rumah Belajar Cengkareng, Rumah Belajar Manggarai, Rumah Belajar Cipinang, SD N Slipi 01, dan SD N Karet Tengsin.

Sesungguhnya, bagian yang paling saya sukai dari kegiatan kerelawanan seperti ini adalah kesempatan bertemu orang-orang baru, sekaligus mengunjungi tempat-tempat baru. Bagi saya, bertemu orang baru dan berada di tempat baru adalah dua hal yang selalu bisa membuat saya ‘lebih hidup’ dalam menjalani kehidupan. Wujudnya macam-macam, mulai dari teman baru, networking lintas sektor, pengalaman, ilmu baru, sampai melintasi jalan yang belum pernah saya lewati. Sederhana, bukan?

Jadi, ‘petualangan’ tujuh belas agustusan saya, Senin (17/8) kemarin, dimulai dari Kantor Majalah Femina yang terletak di Jalan HR Rasuna Said (persis di depan Masjid Al-Bayyinah, Setiabudi). Saat tiba di sana pukul 07.30 WIB, sudah banyak relawan dan bapak-bapak driver Grabtaxi dan Grabbike yang berkumpul. Kami langsung membagi diri dalam kelompok-kelompok berdasarkan Rumah Belajar dan Sekolah Dasar yang akan dikunjungi. Tak lupa juga, membagi kardus-kardus yang berisi buku kepada masing-masing kelompok.

Bersama Tony dan Carol dari Grabtaxi-Grabbike, serta Pak Suharto dari Taksi Express.

Bersama Tony dan Carol dari Grabtaxi-Grabbike, serta Pak Suharto dari Taksi Express.

Pagi itu, bersama Carol dan Tony dari Grabtaxi-Grabbike, serta Pak Suharto dari Taksi Express, saya akan berkunjung ke Rumah Belajar YCAB di Manggarai. Walaupun jarak Kantor Femina dengan Manggarai dekat, saya tetap antusias karena belum pernah berkunjung ke Rumah Belajar ini sebelumnya. Antusiasme saya bertambah ketika bertemu dengan Pak Suharto. Diam-diam, Pak Suharto adalah seorang selebriti di kalangan driver ibu kota yang terkenal karena kejujurannya (penasaran kan? baca cerita tentang Pak Suharto di sini).

Pak Suharto bercerita dengan antusias sepanjang perjalanan.

Pak Suharto bercerita dengan antusias sepanjang perjalanan.

Sepanjang perjalanan, Pak Suharto menceritakan pengalamannya menjadi driver taksi di ibu kota. Lengkap! Sampai-sampai, saya merasa sedang liputan ‘live’ untuk sebuah acara TV. Maklum, saya di dalam taksi seorang diri. Carol dan Tony memutuskan untuk naik Grabbike ke lokasi.

Sekitar pukul 08.35 WIB, saya dan teman-teman sampai di Rumah Belajar YCAB Manggarai. Kami disambut oleh Mbak Rini dan Mbak Victoria, para pengajar di Rumah Belajar Manggarai. Selain mengantar buku, kami juga mengobrol dan berinteraksi dengan anak-anak yang belajar di Rumah Belajar itu.

Selamat datang di Rumah Belajar Manggarai (foto: Tony).

Selamat datang di Rumah Belajar Manggarai (foto: Tony).

Menyortir buku bersama para pengajar Rumah Belajar Manggarai (foto: Carol)

Menyortir buku bersama para pengajar Rumah Belajar Manggarai (foto: Carol)

Beberapa murid peserta kejar paket di Rumah Belajar Manggarai (foto: Tony).

Beberapa murid peserta kejar paket di Rumah Belajar Manggarai (foto: Tony).

Layaknya sekolah, Rumah Belajar itu adalah tempat anak-anak yang kurang mampu untuk menuntut ilmu. Selain kejar paket, ada juga kursus komputer dan bahasa Inggris. Baik sekolah maupun kursus dikenakan kursus dengan biaya yang sangat terjangkau, yaitu Rp 10.000,00 perbulan.

Saling menuliskan semangat dalam Student Day 2015.

Saling menuliskan semangat dalam Student Day 2015.

Saat berbagi cerita, tantangan terbesar yang dihadapi para pengajar adalah memotivasi para siswa untuk terus mau belajar. Berbagai hal terus diupayakan termasuk membuat Kelas Inspirasi mini dan sesi berbagai pengalaman. Nah, jika teman-teman ingin datang dan berbagi dengan murid-murid di sini, para pengajar akan menyambut dengan suka cita.

Pose andalan. Tanda siap berpetualang dan berbagi.

Pose andalan. Tanda siap berpetualang dan berbagi.

Bisa bertemu dengan orang-orang ‘ajaib’, dari orang yang ingin ‘sekedar’ berbagi, driver taksi yang berintegritas tinggi, serta guru yang semangat mengajar di hari kemerdekaan republik tercinta ke-70, membuat saya belajar. Ada satu hal yang harus disyukuri. Pekik merdeka kini bukan lagi tentang bebas dari belenggu penjajahan antarbangsa melainkan merdeka karena kita masih diberikan kesempatan untuk berbagi apa yang kita punya dengan sesama. Merdeka untuk berbuat kebaikan, istilah saya. Terdengar indah dan tidak muluk, kan?

Rumah Belajar YCAB Manggarai
Lokasi: Jalan Dr. Saharjo Gang Rambutan No. 42 RT 004/RW 07 Manggarai Selatan Tebet Jakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: