The Right Moment Part 3: Say ‘Hi’ to Situbondo!

Situbondo oleh Wikipedia
Kabupaten Situbondo adalah sebuah kabupaten di Jawa Timur, Indonesia dengan pusat pemerintahan dan ibukota terletak di Kecamatan Situbondo. Kota ini terletak di daerah pesisir utara pulau Jawa, dikelilingi oleh perkebunan tebu, tembakau, hutan lindung Baluran dan lokasi usaha perikanan. Dengan letaknya yang strategis, di tengah jalur transportasi darat Jawa-Bali, kegiatan perekonomiannya tampak aktif. Situbondo mempunyai pelabuhan Panarukan yang terkenal sebagai ujung timur dari Jalan Raya Pos Anyer-Panarukan di pulau Jawa yang dibangun oleh Daendels pada era kolonial Belanda.

Minggu (9/8)

Satu mobil bertujuh + satu driver. Ada yang bilang, "Travelling is not about the destination it's about the journey." Bener, sih! (foto: @AstaDewanti)

Satu mobil bertujuh + satu driver. Ada yang bilang, “Travelling is not about the destination it’s about the journey.” Bener, sih! (foto: @AstaDewanti)

03.30 WIB. Welcome to Situbondo! Situbondo?? Saya asing dengan kota ini. Pun mengenal @Tunjungdmrjt di FGIM 2015 yang asli Situbondo dan bangga dengan ke-Situbondo-annya, saya tetap tidak merasa kenal. Pernah sih, dengar namanya (selain dari cerita nasionalis ala @Tunjungdmrjt tentunya) dari pelajaran Geografi di sekolah. Oh ya, dari berita di TV juga! Kecelakaan maut bus yang mengantarkan anak-anak sekolah dari karya wisata ke Bali beberapa tahun yang lalu (pemberitaan yang berulang-ulang kala itu, membuat saya merinding dan teringat sampai sekarang). Sudah, sampai di situ saja nama Situbondo ‘ramah’ di telinga dan memori saya.

Terbayang, kalau dini hari ini, saya menginjakkan kaki di Situbondo, saya masih tidak percaya. Iya, masih di tanah Jawa, sih, tapi ya, gitu. Kota yang seperti apa sih, Situbondo itu? Saya belum sempat melihat-lihat pemandangan sepanjang perjalanan Gresik – Situbondo tadi malam (kami berangkat dari Gresik pukul 19.30 WIB, selepas Isya, dengan mobil rental). Pemandangan terakhir yang saya lihat adalah Paiton dengan gemerlap lampunya yang memesona di malam hari, eh itu pun belum masuk daerah Situbondo, ding. Jauh.

Oke, anggap saja, saya semacam … jet lag.

Situbondo dini hari itu, di depan sebuah rumah …

Puji syukur, akhirnya, kami sampai juga. Sumringah. Untungnya, saya dan teman-teman relawan #RUBIBawean sudah mulai terbiasa dengan jam tidur yang berantakan ini sejak hari Jumat. Atas nama travelling, katanya. Sambutan hangat dari tuan rumah (@Tunjungdmrjt’s family), kami balas juga dengan tak kalah semangat. Bahkan, kami meminta maaf berulang karena merepotkan dengan sesuatu yang terjadi mendadak dan di luar rencana ini.

Pukul 11.00 WIB, terlihat ‘bentukan’ asli kami (hei, berapa jam kalian tidur?). Kami yang semangat, cerewet, usil dan aktif dengan ‘aksi bully’, dan keceriaan lainnya. Kapal ke Bawean? Eng, sudah lupa, tuh! Kami sepakat, ini bukan tempat dan waktu untuk kecewa. Ini tempat untuk menjalankan misi lain yang tak kalah menyenangkan. Kembali lagi ke Bawean memang masih menjadi impian. Penundaan dua kali ini justru membuat kami semakin penasaran. Bahkan, saya ditanya, “Het, dengan kondisi kayak gini, justru bikin kita makin penasaran. Kayak apa sih Bawean itu? Kamu kok bisa di sana setahun?” Saya hanya tersenyum, mengapresiasi semangat para relawan sekaligus mengikhlaskan misi pribadi ‘The Right Moment’.

Desa Kebangsaan
Baca cerita tentang Desa Kebangsaan.

Baluran dan Pantai Bama
Baca cerita tentang Baluran dan Pantai Bama.

Thanks to Situbondo untuk hari Minggu, atas perjalanan dan teman-teman yang menyenangkan🙂.

Baca cerita sebelumnya, The Right Moment Part 1: Count Me In #RUBIBawean
Baca cerita sebelumnya, The Right Moment Part 2: Plan F, Friendship

3 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: