Sudah Sepuluh Saja

Salah satu berkah jadi MC suatu acara adalah kita bisa berada ‘eksklusif’ di depan alias ring satu pangung. Dengan begitu, tidak sedetikpun momen di panggung yang kita lewatkan, termasuk paparan materi yang disampaikan pembicara. Mau sebosan apapun, sepertinya, mata ini tidak akan ‘tega’ untuk mengantuk begitu saja.

Jadi, yah, temukan saya hari Jumat (12/6) kemarin di aula lantai 3 gedung C Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Jalan Fatmawati.

Nama acaranya, Pelepasan Pengajar Muda angkatan X. Sebelum acara pelepasan ini dimulai, Pak Anies, selaku guest star dalam acara ini, ingin memberikan pembekalan secara terbatas. Terbatas di sini, maksudnya, hanya internal Indonesia Mengajar saja, tanpa tamu yang hari itu hadir sebagai undangan.

Walau tidak duduk di bangku Pengajar Muda, di sini kanan panggung, saya ikut mendengar juga pesan-pesan yang disampaikan Pak Anies kepada Pengajar Muda yang akan berangkat. Touchful, inspiring, dan positif. Pak Anies selalu berhasil membuat saya mencatat apa yang disampaikannya.

Jadi, setelah melalui pelatihan intensif selama 2 bulan di Purwakarta, akhirnya, 74 Pengajar Muda angkatan X siap diberangkatkan di daerah penempatan (deployment). 74 Pengajar Muda angkatan X itu terseleksi dari 10.555 pendaftar dan berasal dari 38 universitas, baik dari dalam maupun luar negeri. Selama 1 tahun ke depan, mereka akan mengabdi di sepuluh kabupaten yang sudah ditentukan, yaitu Muara Enim, Musi Banyuasin, Lebak, Pulau Bawean – Gresik, Kapuas Hulu, Sangihe, Bima, Rote Ndao, Maluku Tenggara Barat, dan Fakfak.

Keberangkatan Pengajar Muda angkatan X ini menandakan tahun terakhir Indonesia Mengajar berada di daerah. Ya, setelah empat kali berturut-turut mengirimkan Pengajar Muda, tahun ini adalah tahun kelima pengiriman Pengajar Muda (kita menyebut Pengajar Muda angkatan X dengan istilah ‘pelari terakhir’).

Bagi kami, internal Indonesia Mengajar, tahun kelima ini adalah wujud komitmen kami selama ini. Ya, kalau ingat di awal berdirinya, Indonesia Mengajar selalu mengaskan hanya akan berada di daerah selama lima tahun dan tidak berpretensi untuk menyelesaikan semua masalah pendidikan yang ada. Karena menamai diri sebagai sebuah gerakan, tidak salah jika Indonesia Mengajar justru mengajak orang sebanyak-banyaknya untuk terlibat.

Saya sebagai Pengajar Muda angkatan II yang ditempatkan di Pulau Bawean merasa excited. Setelah Pengajar Muda angkatan IV, VI, dan VIII, kini ada Pengajar Muda terakhir, angkatan X, yang akan melanjutkan mengajar di sekolah saya dulu. Kami yang sudah purna tugas sepakat bahwa semua ini adalah proses bersama untuk sesuatu yang lebih baik ke depan. Semoga.

Kenalkan, namanya Deti. Hihi, mirip ya? Mungkin ini takdir. Deti adalah Pengajar Muda angkatan X yang nantinya akan bertugas selama satu tahun di sekolah saya dulu, SD N 2 Kepuh Legundi, Tambak, Pulau Bawean, Gresik.

Kenalkan, namanya Deti. Hihi, mirip ya? Mungkin ini takdir. Deti adalah Pengajar Muda angkatan X yang nantinya akan bertugas selama satu tahun di sekolah saya dulu, SD N 2 Kepuh Legundi, Tambak, Pulau Bawean, Gresik.

PS.
Berikut adalah beberapa pesan Pak Anies untuk Pengajar Muda angkatan X yang akan berangkat. So personal, layaknya bapak yang akan melepas anaknya merantau :
Be ready untuk satu tahun ke depan.
– Jangan lupa berkomunikasi dengan keluarga selama di penempatan.
– Bijak dengan media (online/offline). Belajar untuk mengirim pesan tanpa melukai :”)
– Teman satu penempatan adalah keluarga baru kalian selama di penempatan. Tetaplah saling menjaga. Walaupun bukan keluarga biologis, they are your closest help.
You may fall in like but dont fall in love hehe (*langsung disambut tepuk tangan meriah). Jangan membuat keputusan di waktu sebentar.
– Di daerah nanti, IM nonpartisan dan tidak memihak pihak manapun.

Tentang Indonesia Mengajar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: