Oleh-Oleh Wake Up Call Training

Ada yang spesial di minggu kedua di bulan Juni. Jika semangat mulai turun dan lagi cari-cari inspirasi, boleh lho, sejenak baca tulisan saya kali ini. Saya akan berbagi oleh-oleh setelah mengikuti Wake Up Call Training di Gramedia Matraman kemarin hari Minggu (14/6).

Sesuai namanya, acara ini bisa kalian bayangkan sebagai pelatihan cara membangunkan orang-orang. Eh, tunggu sebentar! Jangan dibayangkan acara ini berakhir dengan penawaran jam wekker oleh si trainer, ya? Jelas, tidak ada hubungannya sama sekali.

Jadi, mengapa ‘wake up call’? ‘Wake up call’ di sini, literally, kata ‘wake up’ dalam bahasa Inggris yang berarti ‘bangun’. Melalui ‘wake up call’, kita diajak untuk bangun dari kebiasaan-kebiasaan ‘standar’ yang selama ini kita lakukan.

Lho, memang ada yang salah, dengan kebiasaan-kebiasaan itu? Tenang, there is nothing wrong with your life. Your life is fine, your life is good, and your life is great.

Tapi tidak menutup mata juga, dalam hidup, ada kalanya kita mengalami up and down moment. Ada masa lalu yang menyimpan cerita kegagalan kita akan sesuatu hal, namun ada juga masa depan yang penuh ketidakpastian. Apakah kegagalan di masa lalu mempengaruhi masa depan kita? Jawabannya, tidak.

Berita baiknya, kegagalan di masa lalu bukanlah penanda mutlak kegagalan di masa depan. Semuanya dimulai dari sekarang. Kita yang menciptakan cerita terbaik kita. Jadi, jelas kan, siapa yang pegang kendali? Yes, you!

Saya tidak tahu apa yang saya suka,” “Saya jenuh dengan pekerjaan ini,” “Saya menyesal … .” Ketiga kalimat itu (dan masih banyak lagi lainnya yang sejenis) harus mulai kita hapus dalam kamus hidup kita. Yakinlah bahwa kita memiliki potensi besar yang ada dalam diri kita. Sehingga, kita harus BANGUN!

Setelah bangun, susun goal atau tujuan kita. Apa yang kita inginkan? Apa impian yang harus segera kita wujudkan? Ingat, goal harus berasal dari diri kita sendiri, tidak boleh ikut-ikutan orang lain. Sehingga, kita bisa totalitas saat berjuang di ‘arena’.

Kalau masih penasaran, baca bukunya aja, ya.

Wake Up Call adalah buku motivasi yang ditulis oleh Indra K. Dewanto (co-writer : Brili Agung). Sumber : http://www.gramediapustakautama.com/buku-detail/88851/Wake-Up-Call"

Wake Up Call adalah buku motivasi yang ditulis oleh Indra K. Dewanto (co-writer : Brili Agung). Sumber : http://www.gramediapustakautama.com/buku-detail/88851/Wake-Up-Call”

Asyik, dapat hadiah buku langsung dari penulisnya.

Asyik, dapat hadiah buku langsung dari penulisnya.

Dalam Wake Up Call Training kemarin, tidak hanya Indra K. Dewanto (@indrakdewanto) saja sebagai pembicara, tetapi ada juga Dayu Rifanto (@PapuaCerdas) dan Brili Agung (@BriliAgung).

Dayu Rifanto
Siapa yang tidak kenal Dayu Rifanto? Inisiator Buku Untuk Papua ini makin aktif dan passionate dalam mengembangkan taman baca dan mendistribusikan buku untuk Papua. Dalam acara kemarin, Dayu Rifanto berbagi cerita tentang motivasinya untuk membentuk komunitas Buku Untuk Papua. Berkat perjuangannya selama ini, siapa sangka Komunitas Buku Untuk Papua semakin besar dan banyak relawan yang bersedia terlibat.

Brili Agung
Ke mana saja ya, saya selama ini? Baru lewat acara kemarin akhirnya dipertemukan dengan Brili Agung, co-writer dari buku Wake Up Call. Dalam acara kemarin, Brili Agung berbagi cerita tentang bagaimana cara menulis buku, mewujudkannya dalam waktu singkat, serta meraih peluang dalam dunia tulis-menulis (Brili Agung menyebutnya dengan istilah ‘writerpreneur’).

Yang unik dan masih saya ingat sampai sekarang adalah saat Brili Agung menjawab pertanyaan saya tentang cara menulis yang baik. Lewat short course dan training menulis yang dibuatnya, Brili Agung ingin mewujudkan jemaah kepenulisan yang berdaya sekaligus menekankan bahwa menulis bukan tentang pemilihan kata yang indah, melainkan konsistensi yang istiqomah😀 .

#NulisRandom2015

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: