Pariwisata Muslim Korea

Berwisata ke Korea bagi orang yang beragama Islam (muslim) merupakan tantangan tersendiri. Maklum, di negeri gingseng ini agak sulit untuk menemukan tempat solat (seperti mushola atau masjid) dan makanan halal.

Hal ini yang saya alami akhir tahun lalu saat berkunjung ke Seoul. Saya harus ekstra hati-hati saat membeli makanan. Selain harus bertanya kepada si penjual, saya harus teliti membaca komposisi makanan yang ada di pembungkusnya. Demi ‘mencari aman’, akhirnya, saya memilih untuk makanan ikan-ikanan atau seafood dan menghindari daging-dagingan.

Walaupun demikian, ternyata pemerintah Korea memahami kondisi ini. Pemerintah Korea menyadari bahwa wisatawan muslim Indonesia adalah potensi pasar yang besar bagi pariwisata Korea. Segala cara pun diupayakan, termasuk salah satunya dengan penandatanganan perjanjian antara Korea Tourism Organization (KTO) Jakarta, Garuda Indonesia Holidays, dan Pemerintah Provinsi Gangwon. Dalam perjanjian ini, disebutkan bahwa Garuda Indonesia Holidays bersama 8 agen travel terpilih akan membentuk konsorsium yang nantinya akan menjual produk pariwisata Muslim Korea.

Kabar yang menggebirakan, bukan?

Sebagai bentuk dukungan terhadap perjanjian ini, Provinsi Gangwon menyediakan restoran yang ramah bagi Muslim dan mushola untuk menjalankan ibadah. Selain itu, dalam kunjungannya ke Jakarta akhir April lalu, Gubernur Gangwon melakukan halal marketing untuk mendorong agen travel agar mulai menjual produk pariwisata Muslim Korea.

Oh ya, saat ini, produk yang ditawarkan Garuda Indonesia Holidays terkait pariwisata Muslim Korea ada 3 macam, yaitu produk 3M5H, produk 4M6H, dan produk 5M7H. Selain kunjungan ke Pulau Nami dan Museum DMZ di Goseong, Gangwon-do, di dalam ketiga produk paket perjalanan ini disertakan juga makanan halal di restoran ramah muslim dan kunjungan ke mushola untuk ibadah.

Flyer Promosi Penjualan Produk Pariwisata Muslim Korea. Sumber : Garuda Indonesia Holidays.

Flyer Promosi Penjualan Produk Pariwisata Muslim Korea. Sumber : Garuda Indonesia Holidays.

Buka http://www.garudaindonesiaholidays.com lalu ketik 'Korea' di kotak 'search', mucul deh, berbagai paket perjalanan menarik di Korea, termasuk pariwisata muslim Korea.

Buka http://www.garudaindonesiaholidays.com lalu ketik ‘Korea’ di kotak ‘search’, mucul deh, berbagai paket perjalanan menarik di Korea, termasuk pariwisata muslim Korea.

Faktanya, muslim dari Indonesia memang banyak yang membeli produk pariwisata Korea tetapi biasanya mereka mengunjungi Korea dalam satu grup bersama non-muslim. Dengan diluncurkannya produk pariwisata Muslim Korea, diharapkan akan membuat wisatawan muslim semakin nyaman ketika berkunjung ke Korea.

Direktur KTO Jakarta, OH Hyonjae, mengatakan bahwa 88% penduduk Indonesia adalah muslim tetapi, selama ini, produk pariwisata Muslim Korea tidak terjual dengan baik. Dengan diluncurkannya produk pariwisata Muslim Korea, harapannya, dapat memudahkan muslim ketika berkunjung ke Korea.

Jadi, gimana? Seru, kan? Wisatawan muslim tidak perlu khawatir lagi, deh, saat di Korea.

Imagine Your Korea!

Sumber : Press Release Korea Tourism Organization (KTO) Jakarta : Gangwon-Do Korea, Tengah Mengubah Tujuan Wisatanya Agar Ramah Bagi Wisatawan Muslim

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: