Judulnya, Katamapa

Kenalkan. Namanya mama. Orang yang mengajarkan saya tentang kerja keras. Kata-kata mama yang selalu saya ingat adalah “Bot-abote uwong golek duit” atau dalam bahasa Indonesia artinya betapa beratnya orang mencari uang. Semua dilakukan untuk mendapatkan uang dan penghidupan yang baik. Mama selalu mengajarkan itu agar saya tidak menghambur-hamburkan uang untuk hal yang tidak berguna.

Percayalah, itu betul-betul mantra, sampai saya ketahuan bolos les Matematika saat SMA hanya demi nonton bola. Memalukan. Mama mendiamkan saya beberapa hari. Bagi mama, aksi bolos les saya adalah cara tidak menghargai kerja kerasnya selama ini.

Akhirnya, Jumat (5/6) kemarin, mama-papa bisa 'jalan-jalan' satu pesawat sampai di Medan. Terlalu soliternya keluarga saya, membuat kepergian bersama menjadi momen langka :D

Akhirnya, Jumat (5/6) kemarin, mama-papa bisa ‘jalan-jalan’ satu pesawat sampai di Medan. Terlalu soliternya keluarga saya, membuat kepergian bersama menjadi momen langka😀

Namanya papa, kenalkan. Orang yang mengajarkan saya tentang kesabaran dan keikhlasan berbagi. Di saat orang lain banyak berbicara, papa hanya diam dan tersenyum. Papa menikmati hiruk-pikuk cerita orang-orang dengan gayanya sendiri. Kalau papa sudah begini, saya suka gemes sendiri. “Didengarkan saja, setiap orang punya ceritanya sendiri. Yang penting, papa juga sudah berbagi dengan orang lain tanpa harus diceritakan,” begitu katanya.

Sabar, ojo kemrungsung, disiapke,” adalah kata-kata yang papa banget. Terjemahan dalam bahasa Indonesianya, “Sabar, jangan tergesa-gesa, disiapkan.” Apapun kondisinya, papa tak pernah lupa menasehati saya dengan kata-kata itu. Jadi, jangan heran, saat akan melakukan perjalanan dengan kereta, misalnya, papa selalu meminta saya untuk menunggu di stasiun, satu sampai dua jam sebelum keberangkatan. Kebiasaan yang ‘cukup’ tidak populer bagi sebagian orang tapi sarat makna.

PS.
Kalau sampai di penghujung tulisan, kalian masih mempertanyakan Katamapa, maka ini bocorannya. ‘Katamapa’ diambil dengan random dari ‘Kata Mama dan Papa’. Nice, right?😀

#NulisRandom2015

Leave a Reply

