Satu Tahun di Kapal

Selamat tanggal 21 April! Eits, jangan beranjak dulu. Saya tidak akan bercerita tentang Hari Kartini, bagaimana baju kebaya dan konde saya hari ini, bagaimana emansipasi wanita, atau bahkan perjuangan wanita secara kekinian. Semua hal itu sudah terlalu mainstream untuk tanggal 21 April. Saya punya hal lain yang ingin saya rayakan.

Temukan saya di Human Resources - Internal Engagement Division.

Temukan saya di Human Resources – Internal Engagement Division.

Hari ini tepat satu tahun saya bekerja di ‘kapal,’ sebagai officer slash karyawan slash pegawai. Kalau ditanya, bagaimana rasanya kerja di ‘kapal’? Saya pasti akan menjawab, “Nano-Nano!”. Yeah, seperti tagline perman Nano-Nano, ‘manis, asem, asin, rame rasanya,’ bagi saya, seperti itulah gambaran bekerja di ‘kapal’ (baca: mabok lautnya ada, bagian pening-mualnya ada, bagian bersemangat mengarungi samudera ada, plus bagian menikmati keindahan lautan selama kapal berlayar juga adaaaa… Komplet!).

Mulanya, saya bergabung di ‘kapal’ tahun 2011 sebagai Pengajar Muda angkatan II. Walau hanya terikat kontrak selama satu tahun, ada pengalaman tersendiri yang membuat saya ‘nyaman’. Ya, bisa jadi karena di ‘kapal’ saya bertemu kembali dengan teman-teman lama dan tentang program ‘kapal’ sendiri yang kala itu ‘lain daripada yang lain’.

Sekembali dari daerah penempatan tahun 2012, saya sempat ‘icip-icip’ dunia korporat yang bergerak di bidang penerbitan komik sains untuk anak-anak. Niatnya sih, ingin konsisten berkecimpung di dunia pendidikan namun dengan menggunakan kacamata yang lain, yaitu bisnis. Naluri Dora saya untuk terus bereksplorasi memacu saya untuk terus belajar dan memperkaya diri.

Tahun 2014, ‘kapal’ membuka lowongan untuk program Officer Development Program (ODP) batch 3. ODP adalah salah satu sistem perekrutan karyawan di ‘kapal’. Ini seperti CLBK (Cinta Lama Bersemi Kembali). Ada rasa kangen dan ingin kembali berkontribusi dalam ‘perlayaran’ #tsah. Jadilah, setelah melalui tahapan proses seleksi, saya diterima di ‘kapal’ sebagai ODP. Ya, di tanggal yang sama seperti hari ini, tepat satu tahun yang lalu.

Apa bedanya dulu jadi Pengajar Muda dan sekarang officer? Saat menjadi Pengajar Muda, arena bermain saya adalah buritan dan geladak utama. Kini, menjadi officer, saya bisa bermain di semua bagian kapal (bahkan) sampai di dapurnya. Sttt… Tidak hanya ikut makan hasil masakan, tetapi juga turut merencanakan apa menu esok hari untuk awak kapal lainnya hehe😀.

Dan akhirnya, selamat satu tahun di ‘kapal’! Destinasi baru siap dijelajahi. ‘Kapal’ akan memasuki lima tahun perlayarannya. Bersiap!!

Mengapa ‘Kapal’?
Istilah ‘kapal’ muncul, berawal dari kutipan ‘Membangun kapal sambil berlayar.’ Kutipan yang diucapkan pembuat ‘kapal’ itu menjadi nafas kami setiap hari. Memang sih, tak pernah ditegaskan ‘kapal’ itu adalah Indonesia Mengajar, tapi setelah lima tahun perlayaran, para awak makin ‘terampil’ membaca dan bahkan (berani) mengusulkan kutipan itu berganti menjadi ‘Membangun kapal sambil berlabuh’ hehe😀.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: