Blogger Unjuk Gigi, Hiii !

(Walau blogger modalnya nulis pake tangan tapi tetep dong kesehatan gigi dijaga. Senyum blogger Indonesiaaa hiiii😀 )

Aku gigi, mulut rumahku.
Agar sehat dan kuat, aku harus disikat, setiap hari.
Sehabis makan dan sebelum tidur, dengan pasta gigi berflouride.
Makan-makanan bergizi, dan periksa ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali
Sehat selalu, senang rasanya
.

Lagu yang cukup fenomenal di masa kecil saya itu tidak lagi terdengar di Pepsodent Dental Expert Care, Gandaria City kemarin Sabtu (4/4). Sebagai gantinya, ada lagu baru yang tidak kalah easy listening sehingga mengajak kita yang ada di situ untuk manggut-manggut mengikuti irama. Ada yang sudah tahu? Ini nih, contekannya.

Senyumlah Indonesia, ayo senyum
Senyum yang datang dari hatimu
Yang tercermin dengan kilau gigi sehat
Senyum Indonesia senyum Pepsodent

Senyumlah Indonesia, ayo senyum
Buat hari harimu ceria
Dengan mulut gigi dan gusi yang sehat
Senyum Indonesia senyum Pepsodent

Berbeda dengan lagu terdahulu yang liriknya sarat dengan cara merawat gigi, kini, Pepsodent mengajak kita untuk tersenyum sekaligus pamer gigi. Coba pembaca praktek sama saya. Katakan, “Hiiii”😀.

Nah, ketahuan! Ompong! Ada yang bolong! Ada sisa sayur yang nyelip! Ada noda kuning gara-gara minum kopi! Gigis kebanyakan makan permen! Duh, malunya!

Gara-gara senyum, gigi kita kelihatan semua. Akkkkk… Segera sembunyikaaaaaaaan. Houp, langsung mingkem hihi. Tenang, jika semua itu terjadi pada kamu, yuk, segera ke dokter gigi. Dokter gigi sekarang ada di mana-mana, lho. Selain di rumah sakit dan klinik, ada juga di puskemas.

Fiuh, untung ketahuan, ya, karena letaknya di depan. Jadi bisa langsung diperiksa di dokter gigi. Tapi bagaimana ceritanya kalau letaknya di belakang? Walau letaknya di belakang, bukan berarti harus disembunyikan, lho! Gigi belakang juga bisa eksis. Misalnya, kalau kamu lagi ketawa ngakak dan mangap lebar. Wuiw.. Gigi belakang juga bakal kelihatan.

Coba praktek sekali lagi. Katakan, “Hahaha”😀

Nah, ketahuan kan!! Banyak yang bolong! Ada sisa sayur yang nyelip! Giginya hitam-hitam! Duh, malunya!

Kenali Gigi Belakangmu
Menurut British Dental Journal tahun 2000, 85% gigi berlubang ditemukan di gigi bagian belakang. Mengapa bisa demikian? Gigi berlubang banyak ditemukan di gigi bagian belakang karena letaknya yang sulit dijangkau oleh sikat gigi. Selain karena letaknya, gigi bagian belakang juga memiliki alur dan celah yang sulit dibersihkan oleh sikat gigi.

Setelah makan, jika tidak segera dibersihkan (dengan menggosok gigi), sisa-sisa makanan yang ada di gigi kita akan membusuk. Sisa-sisa makanan yang masih ‘fresh‘ disebut plak. Sedangkan yang sudah mengeras dan mengalami mineralisasi disebut dengan karang gigi (karies). Plak sendiri merupakan makanan bagi bakteri yang ada di rongga mulut kita.

Sebenarnya, plak akan hilang jika kita menggosok gigi. Selain menggosok gigi, air ludah yang berkualitas yang terdapat di dalam rongga mulut juga dapat membantu melindungi gigi kita sebagai mekanisme pertahanan diri alami dari serangan bakteri.

Sayangnya, sudah menggosok gigi pun, misalnya, ada bagian gigi yang belum bersih secara maksimal karena belum terjangkau oleh sikat gigi. Itulah yang sering dialami oleh gigi bagian belakang sehingga rawan gigi berlubang. Ayo, selamatkan gigi bagian belakangmu, sekarang!

Pilih Sikat Gigimu
Jawabannya jelas. Untuk menyelamatkan gigi bagian belakang dari ancaman gigi berlubang atau karies, dibutuhkan sikat gigi yang mampu menjangkau gigi bagian belakang dan sesuai dengan bentuk rongga mulut kita. Nah, apakah sikat gigi kita selama ini sudah sesuai? Yuk, kita cek!

Selain menjaga kebersihan gigi, ternyata pemilihan bentuk sikat gigi juga berpengaruh pada kesehatan gigi kita, lho! Pertama, Sikat gigi dengan bentuk leher tiga sudut terbukti lebih efektif membersihkan plak daripada sikat gigi lurus biasa. Sikat gigi dengan leher tiga sudut mampu membersihkan gigi dari bagian depan sampai belakang serta menyesuaikan dengan bentuk rongga mulut kita yang melengkung setengah lingkaran, seperti tapal kuda.

Ilustrasi tangkai sikat gigi lurus dan tangkai sikat gigi yang sesuai dengan bentuk rongga mulut kita.

Ilustrasi tangkai sikat gigi lurus dan tangkai sikat gigi yang sesuai dengan bentuk rongga mulut kita.

Kedua, bulu sikat juga berperan tak kalah penting dalam membersihkan gigi. Bulu sikat inilah yang nantinya akan ‘memeluk’ gigi saat kita menggosok gigi. Bulu sikat yang mampu membersihkan sampai ke sela-sela gigi sampai menyeluruh adalah bulu sikat yang berbentuk V.

Selain dua hal itu, ada tiga hal lain yang masuk dalam pertimbangan pemilihan sikat gigi, antara lain adanya pembersih lidah dengan karet lunak di bagian belakang kepala sikat, tiga titik genggaman serta triangle grip agar tidak mudah meleset (slip) saat tangan kita menggenggam tangkai sikat.

Hmm, sudah kebayang sikat gigi macam apa itu? Temukan semua ‘fitur‘ itu di sikat gigi Pepsodent Deep and Clean.

Tips Merawat Sikat Gigi
– Ganti sikat gigi setiap tiga bulan sekali atau bila bulu sikat gigi sudah mengembang.
– Letakkan sikat gigi dalam gelas atau tempat sikat gigi dengan posisi saling membelakangi dengan sikat gigi lainnya. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi transfer kuman.
– Sebaiknya kepala sikat tidak tertutup rapat (ada ‘helm’-nya). Kalau pun kepala sikat dilindungi oleh ‘helm’, pastikan ada lubang kecil untuk sirkulasi udara.
– Saat mengajarkan anak menyikat giginya, sebaiknya dengan instruksi dari merah (gusi) ke putih (gigi) daripada dengan instruksi dari bawah ke atas atau atas ke bawah. Hal ini untuk memudahkan anak memahami cara menyikat gigi.

*
Blogger gathering di Pepsodent Dental Expert Care, Gandaria City lantai UG, Sabtu, 4 April 2015. Narasumber: Dr. Ratna Meidyawati drg. SpKG (K), Drg. Ratu Mirah Afifah GCClinDent., MDSc, dan Nando Kusmanto.

Narasumber pun antusias berbagi cerita tentang gigi bersama blogger yang hadir.

Narasumber pun antusias berbagi cerita tentang gigi bersama blogger yang hadir.

Roleplay 1, sikat gigi dengan tangkai sikat lurus.

Roleplay 1, sikat gigi dengan tangkai sikat lurus.

Roleplay 2, dengan tangkai sikat yang sesuai dengan bentuk rongga gigi (Pepsodent Deep & Clean)

Roleplay 2, dengan tangkai sikat yang sesuai dengan bentuk rongga gigi (Pepsodent Deep & Clean)

1 comment
  1. Keenan Pearce langsung pusing kalo urusan gigi, graham kanan belakang harus di cabut sejat 1,5 th yg lalu tapi nyali ngak ada ihik ihik

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: