Tiga Kata Ajaib Ala Korea

Kalau sering berkunjung ke website Korea Tourism Organization di http://www.visitkorea.or.id/kto/, pasti sudah tidak asing lagi dengan gambar ini. Gambar apakah ini?

Imagine Your Korea

Imagine Your Korea

Ya, gambar berupa kalimat ‘Imagine Your Korea’ ini merupakan slogan baru pariwisata Korea. Baru-baru ini, pemerintah Korea meluncurkan slogan ‘Imagine Your Korea’ sebagai strategi promosi pariwisata Korea ke dunia. Inilah salah satu bentuk keseriusan pemerintah Korea dalam mengelola pariwisata di negaranya, yang terbukti mampu mendatangkan banyak devisa.

Imagine Your Korea’ tidak dipilih begitu saja tanpa alasan. Sebagai sebuah identitas, slogan ini mempunyai misi, nilai, dan budaya tersendiri yang ingin disampaikan kepada orang-orang yang berkunjung ke Korea. ‘Imagine Your Korea’ terdiri dari tiga kata yang memiliki artinya masing-masing, yaitu Imagine, Your, dan Korea.

Imagine
Kata ‘imagine’, yang dalam bahasa Indonesia berarti bayangkan, mengajak orang-orang di seluruh dunia untuk datang ke Korea dan menikmati keanekaragaman destinasi pariwisata Korea secara langsung, baik yang modern maupun yang sarat dengan budaya lokal.

Misalnya saja, jika sebelumnya orang-orang itu hanya menikmati pemandangan alam Korea dari drama Korea yang ditontonnya di televisi, maka saat berkunjung ke Korea, orang-orang dapat berada di tempat yang sama dengan lokasi drama Korea itu. Mereka diajak untuk menciptakan pengalaman dan kisahnya sendiri.

Hal ini, saya rasakan sendiri saat berkunjung ke Pulau Nami untuk bernostalgia dengan drama Korea terkenal, Winter Sonata, bersama teman-teman. Tempat-tempat yang menjadi lokasi syuting diberi tanda khusus agar para wisatawan dapat mengabadikan momen di sana, seperti dalam film.

Salah satu 'spot' di Pulau Nami dengan background poster besar film Winter Sonata.

Salah satu ‘spot’ di Pulau Nami dengan background poster besar film Winter Sonata.

Your
Kata ‘your’, yang dalam bahasa Indonesia berarti kepemilikan atau –mu, merupakan bentuk keterlibatan wisatawan dalam memberikan pendapat dan testimoni terhadap destinasi wisata yang dikunjungi selama di Korea.

Korea merupakan negara yang ramah dan terbuka dengan wisatawan. Wisatawan seakan dimanjakan dengan mudahnya sistem transportasi, penunjuk jalan, peta wisata, serta tourist information center. Informasi yang disampaikan pun lengkap dalam dua bahasa, yaitu Korea dan Inggris. Sehingga, walaupun tidak bisa berbahasa Korea, wisatawan tidak perlu khawatir tersesat.

Fasilitas-fasilitas itu sengaja diberikan agar wisatawan merasa menjadi bagian dari Korea dan tidak merasa asing. Dengan kenyamanan yang dinikmati, harapannya para wisatawan dapat menceritakan hal-hal baik yang dialaminya selama di Korea. Hal ini perting, terlebih, saat ini Korea telah berkembang menjadi salah satu negara tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan yang bepergian sendiri tanpa ada perantara khusus. Wisatawan seperti ini ini sering disebut dengan Free Independent Traveler(FIT).

Di tempat wisata, pasti dengan mudah dapat kita temukan 'tourist information center'.

Di tempat wisata, pasti dengan mudah dapat kita temukan ‘tourist information center’.

Bahasa Inggris dan bahasa Korea berpadu, memudahkan para wisatawan asing untuk membaca petunjuk.

Bahasa Inggris dan bahasa Korea berpadu, memudahkan para wisatawan asing untuk membaca petunjuk.

Korea
Sedangkan, Korea menjelaskan Korea sebagai sebuah negara yang kaya dengan berbagai macam destinasi pariwisata, dari alam, budaya, sampai yang serba canggih dan modern.

Oh ya, kabar gembiranya, saat ini, video promosi pariwisata ‘Imagine Your Korea The Movie – 4D’ tayang di beberapa jaringan Blitz Megaplex, seperti Grand Indonesia (Jakarta), Central Park (Jakarta), Mall of Indonesia (Jakarta) dan Paris Van Java (Bandung). Video ini tayang sesaat sebelum film di bioskop diputar. Destinasi wisata Korea yang mucul dalam video itu antara lain Suwon Hwaseong, Dongdaemun Design Plaza, jalan Garosu-gil di Sinsa-dong, Taekwondowon di Muju, dan Pulau Jeju.

Penasaran dengan videonya?

Cek keseruan video ‘Imagine Your Korea‘ di sini https://www.youtube.com/watch?v=PlSu1ZQCKy8

\^^/

1 comment
  1. Aku belum tertarik ama korea, mungkin karna gw co yg ngak demen drama korea yaaa #dibahas #halah #melipir

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: