Nonton Doraemon, Yuk!

StandByMe-Doraemon-poster

Walau sudah ditayangkan di bioskop sejak tanggal 10 Desember, saya bukanlah tipikal orang kebanyakan yang rela berjubel mengantri untuk bisa menonton film Doraemon terbaru, Stand by Me. Baru semalam, akhirnya, saya menonton di Cinemaxx FX Sudirman versi 2 Dimensi. Dengan Rp 45.000,00, ingatan saya kembali lagi ke masa kecil selama hampir satu setengah jam.

Ternyata, dugaan saya salah. Berharap sepi setelah sebelas hari dari jadwal rilis, film Doraemon Stand by Me masih menjadi primadona. Seat bioskop Doraemon, Stand by Me untuk jam 19.00 lumayan penuh. Tidak sekedar anak muda saja yang menonton, tetapi juga keluarga yang membawa anak-anaknya. Terbayang, kan, betapa riuhnya?

Tidak ada yang berubah drastis dari Doraemon, toh, hanya jenis animasinya saja yang sedikit berbeda. Dalam film Doraemon, Stand by Me, tokohnya, settingnya, semuanya sama dengan film kartun Doraemon yang ditayangkan di televisi setiap hari Minggu. Jadi, tidak dibutuhkan adaptasi ekstra untuk menonton filmnya.

Seperti film Doraemon biasanya, adegan demi adegan berjalan tanpa Nobita tidak minta tolong dengan Doraemon. Hihi, selalu begitu, kan, ya? Minta ini, minta itu, semuanya. Terlebih saat Nobita tahu, di masa depan, ia akan menikah dengan Jaiko, adik Big G. Saking shock-nya, Nobita berusaha mengubah takdirnya dan menjadi menikah dengan Shizuka.

Di sinilah, kemudian, cerita berkembang. Diceritakan bagaimana Nobita jatuh bangun berusaha agar di masa depan menikah dengan Shizuka. Saya tidak menyangka cerita Doraemon akan menjadi seperti ini. Bagi saya, kehidupan Sekolah Dasar ala Nobita terlalu pelik untuk memikirkan soal pernikahan. Masa-masa yang seharusnya dihabiskan dengan belajar dan bermain bersama teman-teman yang menyenangkan menjadi sedemikian kompleks ketika dihadapkan pada pernikahan di masa depan.

Selain itu, sayangnya, perjuangan Nobita di film hanya menimbulkan kesan bahwa masa depan yang baik dan dikatakan berhasil adalah apabila menikah dengan perempuan yang cantik (Shizuka). Sedangkan, masa depan yang menyedihkan dan gagal adalah apabila menikah dengan perempuan yang kurang cantik (Jaiko). Menurut saya, sebagai perempuan, hal ini tidak sepenuhnya benar. Keberhasilan di masa depan ditentukan oleh kerja keras dalam meraih cita-cita.

Untungnya, kekecewaan saya segera terobati. Selain soal pernikahan Nobita di masa depan, film Doraemon Stand by Me juga dihiasi oleh manisnya persahabatan antara Doraemon dan Nobita. Persahabatan Doraemon dan Nobita ditandai dengan mudahnya mereka akrab saat pertama kali berkenalan. Nah, inilah bagian favorit saya (\^^/).

Persahabatan Doraemon dan Nobita semakin mengharu biru saat akhirnya mereka harus berpisah. Kehadiran Doraemon memang diprogramkan hanya untuk membantu Nobita dan ketika Nobita bisa bahagia, Doraemon harus kembali. Hmm, lucu, ya? Karena pada dasarnya, sahabat akan ada di saat suka dan duka.

Apakah Doraemon akan kembali ke masa depan dan meninggalkan Nobita? Apakah Nobita bisa menjalani hari-harinya tanpa kehadiran Doraemon? Silakan disimpan rasa penasarannya. Tonton sendiri, ya! Hihi…

La la la, aku sayang sekali… Doraemon!

Catatan tambahan:
– Untuk orang tua: jika menonton dengan anak-anak, sebaiknya didampingi. Selain itu, ajak anak untuk menceritakan kembali film Doraemon yang ditontonnya.
– Untuk anak muda: enggak ada salahnya nostalgia nonton Doraemon =p.

Gambar poster film Doraemon, Stand by Me

*Closing credit, thanks to Ade.

3 comments
  1. setuju, anak2 sebaiknya didampingi dan dijelaskan biar gak main tiru aja

    Like

  2. Get your passport ready! New adventures may come near :))

    Like

    • Hety A. Nurcahyarini said:

      Amin, amin, amin.
      (Langsung ngitung stok cuti :p)

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: