Empat Macam Utang

Menurut saya, empat macam utang yang harus segera dibayar:

1. Utang uang
Uang bukan segala-galanya, katanya. Tapi, di zaman sekarang, semuanya serba uang. So, segera bayar jika utang uang kepada saudara/teman. Apalagi kalau kita sudah berjanji hendak membayar.

2. Utang mau ngajarin sesuatu
Pada dasarnya, berbagi ilmu tidak boleh ditunda. Semakin cepat ilmu itu diajarkan dan digunakan untuk hal-hal baik, maka akan banyak orang yang terbantu.

3. Utang tulisan
Nah! Waini! Berjanji untuk membuat tulisan dengan waktu alias deadline yang sudah ditentukan, tetapi pada kenyataannya, sampai batas deadline pun, tulisan belum jadi. Rasanya pasti campur aduk. Bisa-bisa, selain kepercayaan ke kita berkurang, kemampuan kita menulis pun diragukan. Duh!

4. Utang janjian/ketemuan
Pada dasarnya, orang memang mudah sekali membuat janji. Sayangnya, mudahnya membuat janji tidak berbanding lurus dengan waktu atau kesibukan. Janji ingin bertemu memang sudah diniati tapi apa daya banyaknya pekerjaan bisa menghalangi. Ujung-ujungnya klasik, reschedule!

promises_made

Intinya, jangan sampai kita menghalangi kebahagiaan orang lain, hanya karena kita yang malas atau tidak maksimal mengusahakan sesuatu. Gugurkan kewajiban dengan memenuhi sesuatu sesuai apa yang kita janjikan.

02:46 AM
Selamat Jumat.

#RefleksiDiniHari
#RefleksiAkhirTahun

Gambar Promises made. Promises kept.

2 comments
  1. Lusi said:

    Jiaaah utangku banyak hihihiii *lihat catetan panjang

    Like

    • Hety A. Nurcahyarini said:

      Hihi, mumpung udah mau akhir tahun, mbak. dibayar rame-rame juga bisa (lhoh?!) =DD

      Like

Leave a comment