Ha Untuk Hujan

Bukannya saya membenci hujan, sungguh. Sebab, saat kecil, hujan adalah suasana terbaik untuk tidur, apalagi tidur siang. Tidur siang yang sudah mirip ritual disuruh mama itu menjadi begitu mudahnya. Tinggal memejamkan mata. Bayangkan, jika tidak ada hujan dan tubuh ini masih belum bisa diajak kompromi untuk diam, susah sekali tidur siang, mirip ulangan mencongak Matematika yang saya tidak sukai karena hanya membuat jantung berdetak lebih kencang.

Bukannya saya membenci hujan, sungguh. Entah mengapa, saya dewasa kini, saya sering tak beruntung saat hujan. Janji-janji ketemuan dengan teman batal hanya karena ada guyuran air besar dari langit. Tak singkat memang, bisa satu sampai dua jam. Sudahlah, saya mengalah dengan hujan. Saya anggap itu sebagai cara hujan untuk mengingatkan saya agar kembali ke rumah lebih cepat. Lebih cepat mengistirahatkan badan.

Bukannya saya membenci hujan, sungguh. Hujan, ah hujan. Hujan menjadi susah ditebak hadirnya. Di pagi yang cerah dan siang yang panas, matahari menjanjikan hari yang terang, tak ada hujan. Tapi nyatanya, kini, lihat saja jendela, rasakan saja dinginnya. Hujan, oke, kamu tak menipu. Aku yang salah memperkirakan. Seperti hari ini, aku memakai celana panjang warna terang dan di sore saat bersiap pulang, tiba-tiba hujan. Uh! Tau sendiri kan, memakai celana warna terang, melewati genangan air adalah tantangan.

Bukannya saya membenci hujan tapi saya tetap harus pulang. Kita bertarung? Oke. Tak ada payung. Dari kering, hujan hanya menjadi basah. Apa yang harus dikhawatirkan?

Hujan, kuputuskan, kamu yang mengantarku pulang.

Ha untuk Hujan, bukannya saya membenci hujan.
Ditulis, dari hujan ke hujan

Leave a Reply

