Travel Blogger, Generasi Muda Dalam Pariwisata Indonesia

Bulan Agustus ditutup manis dengan penyelenggaraan Indonesia Tourism & Craft Economy Fair (ITCEF) 2014 di Jakarta Convention Center (JCC) pada tanggal 29-31 Agustus 2014. Dalam pameran yang diselenggarakan selama tiga hari tersebut, menampilkan ragam pariwisata Indonesia beserta produk-produk kreatif yang dihasilkan berbagai daerah.

Tidak dapat dipungkiri, pengembangan pariwisata selalu menjadi Pekerjaan Rumah (PR) bersama. Hal ini disebabkan karena pariwisata berpotensi besar untuk menjadi tumpuan perekonomian Indonesia. Kita tidak dapat menutup mata begitu saja dengan keanekaragaaman kekayaan alam Indonesia. Walaupun demikian, mengandalkan kekayaan alam untuk memajukan pariwisata Indonesia tidaklah cukup. Diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) handal yang nantinya akan menggarap pariwisata dalam bingkai ekonomi kreatif.

Lalu siapa saja yang dimaksud dengan SDM handal yang akan menggarap pariwisata Indonesia? Jawabannya tentu saja seluruh masyarakat Indonesia. Semua orang Indonesia mempunyai kesempatan yang sama untuk berkontribusi dalam upaya pengembangan pariwisata Indonesia. Terlebih, para generasi muda dengan caranya yang ‘kekinian’ dan dinamis mampu membuat sebuah terobosan dalam bidang pariwisata.

Munculnya para travel blogger dengan ulasan-ulasan tentang destinasi pariwisata Indonesia merupakan salah satu cara anak muda Indonesia berkontribusi memajukan pariwisata Indonesia dengan kreatif. Tengok saja laman mesin pencari Google. Jika kita ingin berwisata ke suatu daerah dan mencari informasi tentang daerah tersebut melalui mesin pencari Google, maka beberapa yang muncul adalah ulasan-ulasan yang dibuat para travel blogger melalui blog pribadinya.

Ini menarik dan harus diapresiasi karena dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi, seluruh dunia dapat mengakses informasi tentang daerah destinasi wisata di Indonesia. Sebut saja Ramang-ramang, di Makasar yang menjadi populer karena ulasan-ulasan para travel blogger yang pernah berkunjung ke sana.

Wonderful Indonesia!

* Tulisan diikutsertakan dalam Gagasan Pariwisata Indonesia – Bapak Sapta Nirwandar (periode 28 Agustus – 1 September 2014)

10620559_1466227750328292_901513266569482419_n

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: