Terinspirasi di Kelas Inspirasi

Ada yang berbeda Rabu (23/4) kemarin. Pagi-pagi pukul 07.30, saya sudah berada di Kompleks SD N Guntur yang terletak di kecamatan Setiabudi (Lokasinya, di daerah halte busway Halimun). Ya, Hari Inspirasi berhasil membawa saya ke SD N Guntur 01 dan 08 dalam rangkaian kegiatan Kelas Inspirasi Jakarta #3 (maksudnya, tahun ini adalah Kelas Inspirasi batch 3).

Kelas Inspirasi - "Bangun Mimpi Anak Indonesia" hadir di SD N Guntur

Kelas Inspirasi – “Bangun Mimpi Anak Indonesia” hadir di SD N Guntur

Selalu saja. Sama seperti Kelas Inspirasi tahun sebelumnya, saya selalu menyangsikan diri saya sendiri untuk berada di sebuah Sekolah Dasar yang belum pernah saya kunjungi sama sekali.

Kalau nggak gara-gara Kelas Inspirasi, mana mungkin saya bisa sampai di sekolah ini!”

Ooh, ada ya, sekolah di sini?”

Pernyataan atau gumanan saya cukup berasalan, apalagi hari Rabu kemarin. Di balik gedung-gedung pencakar langit dan kompleks pemukiman menengah atas, ada sebuah bangunan berlantai tiga tak kalah kokoh bernama sekolah. Ya, itulah SD N Guntur.

Entah karena alasan efektivitas lahan atau memang begitu adanya, gedung tiga lantai itu terdiri dari tiga Sekolah Dasar yang berbeda, yaitu SD N Guntur 01, 08, dan 09.

Ini dia, sekolah surga. Sekolah, langit biru, awan putih, apalagi?

Ini dia, sekolah surga. Sekolah, langit biru, awan putih, apalagi?

Seperti sekolah di surga. Menjulang ke atas dengan view gedung perkantoran Jakarta, bonus langit biru kalau sedang cerah. Itu komentar naif saya sebagai generasi yang terlahir dari sekolah-sekolah berhalaman luas, melebar. Saya pun kagum. Anak-anak kelas satu yang sepertinya baru kemarin ‘berkenalan’ dengan angka,  sudah lincah naik ke lantai tiga dengan tangga.

Kelas Inspirasi Jakarta #3

Kehadiran para profesional muda (dari berbagai kalangan dan profesi) ke SD N Guntur dengan ‘merelakan’ cuti sehari di Hari Inspirasi disambut suka cita oleh para guru dan kepala sekolah di sekolah itu. Ternyata, tak hanya murid-murid yang antusias, bapak dan ibu guru juga. Bapak dan Ibu guru berharap murid-muridnya dapat terinspirasi dengan berbagai profesi yang dikenalkan serta memotivasi mereka untuk rajin belajar mewujudkan cita-cita.

Jangan salah ya, Mbak. Mereka bukan berasal dari kompleks ini. Mereka datang dari jauh. Dititipkan oleh bapak dan ibunya karena sekolah ini gratis. Itu tantangan kami setiap hari. Bagaimana anak-anak bisa terus sekolah, jangan sampai ‘turun’ ke jalanan. Selalu saya panggil dan nasehati kalau saya ketemu mereka di jalanan, ” cerita ibu kepala salah satu sekolah.

Saya hanya tersenyum mendengar semangat Ibu kepala sekolah bercerita tentang sekolahnya. Hari ini, semua bersemangat. Para inspirator (sebutan untuk para profesional muda yang pada hari itu mengajar) juga bersemangat. Mereka nampak tak peduli dengan detak jantung ‘kegrogian’ mengajar anak Sekolah Dasar untuk pertama kalinya.

Ya, inilah Kelas Inspirasi. Ajang bertemunya para profesional muda dari berbagai kalangan dan profesi untuk sama-sama bergandeng tangan berkontribusi positif di lingkungan mereka. Cuti satu hari, meninggalkan berkas-berkas kantor, tak menjadi masalah. Pengorbanan memang harus ada untuk menghargai apa yang diusahakan.

Tak hanya di Jakarta saja, Kelas Inspirasi biasanya serentak diadakan bersama-sama di Hari Inspirasi. Kelas Inspirasi hadir di berbagai kota besar di Indonesia, seperti Yogyakarta, Bandung, Surabaya, Padang, Pekanbaru, Aceh, Samarinda, dan masih banyak lagi. Semua tumbuh bersemi seperti jamur di musim hujan oleh para relawan Kelas Inspirasi. Sekali lagi, para relawan Kelas Inspirasi, tak dibayar, tak berbayar. Free! Keren, kan?

Oh ya, ini oleh-oleh saya di Hari Inspirasi kemarin. Yuk, simak!

Kelas Inspirasi - Seorang reporter salah satu televisi swasta sedang menjelaskan profesinya ketika melakukan reportase di suatu daerah

Kelas Inspirasi – Seorang reporter salah satu televisi swasta sedang menjelaskan profesinya ketika melakukan reportase di suatu daerah

Kelas Inspirasi - Apa itu engineer? Kalau insinyur? Apa itu material? Lho, kok diterangin pakai tokoh super hero segala? Apa hubungannya?

Kelas Inspirasi – Apa itu engineer? Kalau insinyur? Apa itu material? Lho, kok diterangin pakai tokoh super hero segala? Apa hubungannya?

Kelas Inspirasi - Menerangkan apa itu investasi melalui gambar. Segala daya upaya, supaya anak-anak paham. Hmm..

Kelas Inspirasi – Menerangkan apa itu investasi melalui gambar. Segala daya upaya, supaya anak-anak paham. Hmm..

Kelas Inspirasi - Menyenangkan juga dapat perhatian dari anak-anak

Kelas Inspirasi – Menyenangkan juga dapat perhatian dari anak-anak

Seru, kan? Masih penasaran? Untuk informasi lebih lanjut tentang Kelas Inspirasi, silakan klik http://kelasinspirasi.org/

“Kelas Inspirasi, Bangun Mimpi Anak Indonesia”🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: