Time is (Still) Money?

Heiho, selamat sore! The Jakartans sepertinya bersuka cita karena sore ini tidak hujan. Jarang sekali terjadi. Biasanya, sore-sore seperti ini, Jakarta diguyur hujan. Selamat! The Jakartans bisa pulang kantor dengan nyaman. Baiklah, kembali ke topik posting saya.

Sore ini saya mau bicara soal waktu. Soalnya, saya punya sensasi ajaib soal waktu. Mungkin kamu punya juga. Kita bisa share bareng di sini. Oke?

Buat para digital marketing enthusiast, pasti sudah nggak asing lagi dengan istilah ‘HootSuite’. Buat yang belum pernah dengar, tenang, akan saya jelaskan. Hootsuite adalah salah satu aplikasi yang dapat mengontrol penjadwalan aktivitas di social media, seperti twitter, facebook, atau wordpress. Gampangnya, kamu bisa up date status sesuai jadwal yang kamu tentukan sendiri. Misal ya, kamu ingin mengucapkan night greeting pada seseorang tepat jam 11.00 malam. Nah, dengan aplikasi ini, kamu tidak perlu repot-repot lagi harus up date status tepat pada jam itu. Cukup, tulis statusmu di aplikasi ini dan atur jamnya tepat jam 11.00 malam. Hasilnya, tad-da.. tepat jam 11.00 malam, kamu akan melihat akun social media-mu ter-up date secara otomatis seolah-olah kamu yang baru saja meng-up date-nya. Padahal memang sudah terprogram seperti itu hehe. Tampak menyenangkan, ya? Kamu bisa mencobanya sendiri, kok!

Banyak perusahaan berskala besar atau kecil yang menggunakan Hootsuite untuk mengontrol akun social media-nya. Terang saja, karena memang terbukti praktis dan efisien. Termasuk, perusahaan tempat saya bekerja saat ini. Saya adalah dalangnya. Pekerjaan saya, mengatur konten-konten apa saja yang akan tampil di twitter sesuai waktunya.

Nah, ngomong-ngomong soal waktu, saya punya sensasi ajaib selama bergelut dengan Hootsuite. Mengapa sensasi? Karena itulah yang saya rasakan. Seperti yang punya kuasa atas segala, saya bisa mengatur waktu sesuai dengan yang saya inginkan. Jam 8 pagi, jam 9 pagi, jam 10 pagi, jam 11 siang, jam 12 siang, dan seterusnya, sampai malam, bahkan sudah berganti hari sekalipun. Saya juga bisa mengatur apa saja yang bisa tampil di waktu-waktu yang sudah ditentukan. Sungguh, mirip opera panggung!

Dari situ, saya merasa waktu itu memang cepat sekali berlalu. Pergantian atau perubahan itu cepat sekali. Saking cepatnya, hal ini bisa disadari, bisa juga malah tidak. Tergantung! Konten yang rapi dan runtut sesuai jadwal, perlahan-lahan hilang karena memang sudah waktunya untuk tampil di social media sebagai up date. Konten yang banyak itu, tiba-tiba habis, terkikis oleh waktu tampil yang sudah terjadwal. Wow!

Demikian juga dengan kehidupan kita kali, ya? Saya pun mengandaikan. Bisa jadi, kehidupan ini mirip Hootsuite yang berlipat-lipat lebih canggih aplikasinya. Satu-satunya orang yang mengatur adalah Tuhan. Lahir, hidup, mati, lulus sarjana, ketemu presiden, ketemu jodoh, semuanya sudah diatur oleh Tuhan sedemikian rupa. Lengkap!

Kita percaya bahwa up dateup date kehidupan kita sudah diatur Tuhan dengan penjelasan-penjelasan yang melatar belakanginya. Tinggal kita, manusia, yang sudah tahu bahwa kehidupan kita sudah ‘diatur’ mau memanfaatkannya atau tidak. Memanfaatkan apa? Ya, memanfaatkan waktu, apalagi?!!

Semua waktu berharga, kok. Jangan sampai saking berharganya waktu, kita lupa. Kita hanya terlena dengan perubahan yang ditimbulkan oleh waktu. Tapi tak kuasa memanfaatkannya untuk kehidupan kita yang serba berharga ini.

Jadi, jangan pernah bosan mendengar, ‘Time is Money‘. Time is (still) money? Absolutely, Yes! =)

PS.
Bahwa waktu itu berharga, seharusnya juga yang membuat kita bijak.
Pagi ini, turut berduka cita atas meninggalnya salah seorang copy writer Indonesia. Diagnosisnya katanya, karena kelelahan bekerja dan minuman suplemen. Mari kita doakan bersama, rest in peace.

6 comments
  1. Bener sekali waktu sangat berharga dan belajar dari pengalaman sang copy writer yg meninggal.

    Kayak nya kerja cerdas sangat di butuhkan, melihat kemampuan fisik juga. Dan mari kita pulang tepat waktu tanpa lembur xixizizi

    Like

    • Hety A. Nurcahyarini said:

      kalau jadi travel blogger kayak mas cum, setiap detik waktu adalah Liburan =3 *hirup udara pantai*
      haha

      Like

  2. nakinaak said:

    Hetiiiiiiyyyyy.. Mau dunk diajarin pke hootsuite ntuuu.. Aplikasinya bs didonlod dmn? Itu bs utk PC n HP? ^^ thx for sharing.. ^^

    Like

    • Hety A. Nurcahyarini said:

      Hai Inak yang penasaran,
      Apa kabar es krimmu? =9
      Samplenya nggak pernah nyampe ke aku hihi.

      Hootsuite bisa kamu akses di http://www.hootsuite.com
      Pertama, harus registrasi dulu kayak bikin email.
      Setelah itu, masukkan beberapa akun socmed-mu yang pengen kamu atur jadwal update-nya.
      Tad-da..

      GudLuCK nak

      Like

      • nakinaak said:

        Wkwkwkwk.. Lah skrg posisimu lg dmn? Whatsapp idup kan yee? ^^ hihi.. Btw thx linknyaaa.. Ntar tak coba sik. Nak bingung yo tak takon mneh wkwkwk

        Like

      • Hety A. Nurcahyarini said:

        aku di jakarta, inak. nanti kalau pas ke jogja, aku tagih sample es krimnya sambil ngobrol-ngobrolnya. udah sukses nih kayaknya jadi pengusaha es krim.
        iya, silakan dicoba dulu, lumayan kok, nanti kita sama-sama belajar ^^V

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: