Mengapa Ngeblog?

Kalau sedang senang, saya menulis. Sedang sedih pun saya menulis. Menulis bagi saya seperti sebuah pelampiasan yang positif. Tidak peduli kondisinya, sehat atau sakit, asalkan jari-jari ini masih bisa menari di atas keyboard.

Saya mau berbagi cerita. Saya punya blog sejak tahun 2008, tepatnya 31 Agustus 2008. WordPress menyambut saya dengan “Welcome to WordPress.com. This is your first post. Edit or delete it and start blogging!” Wow, sudah lama juga ya? Tetapi saat itu belum serius, motivasinya sekedar iseng dan ikut-ikutan.

Awalnya, saya suka membaca, apapun judulnya, apalagi buku gratis hehe. Sejak SD, saya terobsesi untuk menjadi peraih penghargaan ‘peminjam buku perpustakaan yang paling loyal’. Sayangnya, penghargaan semacam itu hanya imajinasi saya saja. Tidak ada penghargaan semacam itu di sekolah. Yang ada hanya, kamu akan dihapal oleh petugas perpustakaan karena rajin meminjam buku =D.

Sampai akhirnya, suatu hari saya tersadar oleh sentilan pertanyaan iseng dari mulut saya sendiri, “Sampai kapan ya, saya membaca buku orang lain?” Saya juga ingin orang-orang itu yang gantian membaca tulisan saya. Idenya pun menulis buku? Tapi saat itu, mengarang pelajaran bahasa Indonesia saja saya setengah mati mengerjakannya, apalagi menulis buku?

Ya, sebagai langkah awal, saya putuskan untuk menulis blog. Toh domain di internet banyak yang ditawarkan gratis. Saya pun mulai menulis apa yang saya bisa. Ideologi ngeblog yang saya gunakan adalah pasrah. Artinya, diberi comment orang, ya syukur. Tidak ada comment di tulisan saya, ya sudah, yang penting saya sudah berani menulis. Itu kepuasan.

Kemudian, suatu saat saya menemukan kalimat inspiratif dari Bapak Pramoedya Ananta Toer. Begini katanya: “Jika umurmu tak sepanjang umur dunia, sambunglah dengan tulisan.” Deg! Saya pun merinding dibuatnya. Siapa sih yang tahu umur kita sampai kapan? Kematian itu sesuatu yang pasti, tetapi eksistensi kita di dunia bisa terus kekal dengan tulisan-tulisan yang bermanfaat dan inspiratif.

Sudah banyak orang yang berbicara di dunia ini, tapi yang menulis sedikit

Salam semangat, yuk ngeblog!😀

7 comments
    • Hety A. Nurcahyarini said:

      Halo retmono, salam kenal juga ya.
      Yuk, berbagi lewat tulisan😀

      Like

      • retmono said:

        Mari…berbagi until never I…:D

        Like

  1. retmono said:

    Reblogged this on retmono and commented:
    sama dengan yang kurasa….mari menulis….

    Like

  2. afan said:

    sambunglah dengan menulis, memotivasi banget🙂 salam kenal

    Like

    • Hety A. Nurcahyarini said:

      Hallo afan, salam kenal juga.
      Yuk, berbagi dengan tulisan😀

      Like

  3. Jadi tersentuh …. aku ngeblog karena binggung foto2 kelayapan gw mau di apain lagi. Akhir nya saat nya kita share pengalaman dan mau eksis sampai narsis hahaha🙂

    Like

Leave a Reply

