A Honest Shopper

Sudahkah kalian shopping dengan jujur?”

Pertanyaan itu terlontar begitu saja saat Sarah Sechan mewawancari Miss Jinjing dalam suatu acara talk show yang nama acaranya sama dengan nama pembawa acaranya. Sebagai seorang shopper, saya pun galau dibuatnya. Ya, sudahkah saya shopping dengan jujur pada diri saya sendiri?

Sebagai penutup acara, Sarah Sechan meminta Miss Jinjing untuk memberikan tips belanja kepada para pemirsa. Diminta tiga, tetapi yang meluncur dari mulutnya hanya satu.

Saat anda membeli barang, cobalah jujur pada diri kalian sendiri, sudah pantaskah kalian memilikinya?”

Miss Jinjing memberikan contoh ketika kita memutuskan untuk membeli sebuah tas branded seharga sekian juta. Coba kalian jujur pada diri sendiri, Siapakah kita? Apa pekerjaan kita? Apa prestasi yang sudah kita raih sehingga pantas untuk memiliki tas tersebut?

Tipsnya singkat tetapi sarat makna.

Berbeda dengan Miss Jinjing, saya pun mempunyai cerita saya sendiri tentang shopping. Saya memang bukan seorang shopaholic yang bisa menghabiskan uang sekian ratus juta hanya untuk membeli sebuah barang. Dengan latar belakang saya, saya justru kadang tidak bisa menahan rasa untuk membeli banyak jenis barang dengan nominal uang yang tidak begitu besar. Di sinilah taktik seorang shopper dipertaruhkan. Saya pun harus jujur pada diri saya sendiri, apakah benar saya membutuhkan barang-barang itu? Tidak boleh hanya karena tergoda harganya saja.

Saya bisa betah memilih baju-baju yang terdisplay di gantungan toko. Saya juga bisa bertahan bolak-balik ke toko sepatu demi mendapatkan sepatu impian. Pokoknya apapun saya lakukan untuk hobi shopping saya asal budget masih ada dalam jangkauan. Karena bagi saya, shopping bukan merupakan aktivitas semata melainkan kepuasan ketika kita bisa mendapatkan barang yang bagus dan kita bisa bahagia saat memakainya.

Shopping is the art of spending money. Your money honey for your dream commodity. Lose it or have it?”
(quote by me)

Leave a Reply

