Pulang

Saya pulang hari ini. Berbekal tiket online yang sudah saya pesan jauh-jauh hari. Saya memang sudah merencanakan kepulangan saya kali ini. Jarak Jakarta-Jogja yang tiga ratus sekian kilometer itu seharusnya sebanding dengan alasan kepulangan saya. Kalau tidak, bisa rugi bandar!

Hanya 45 menit perjalanan ojek, sampai juga saya di stasiun. Harap-harap cemas jangan sampai hujan. Bukannya saya takut hujan, tapi hujan beradu dengan mendung seperti kali ini melahirkan suasana yang mencekam dan saya tidak suka suasana mencekam mewarnai kepulangan saya ke Jogja kali ini.

Saya salah. Beberapa menit kemudian, di loket penukaran tiket stasiun, saat antri, hujan turun. Hujan gerimis yg tiba-tiba … byuuur deras seperti shower ajaib dari langit. Tetes-tetes air hujan menciptakan melodi tersendiri saat jatuh di atap tempat antri. Gemeletuk. Calon penumpang yang antri harus sedikit bergeser dalam antrian karena ternyata ada bagian atap yang bocor dan membuat tak nyaman.

mail.google.com

Suasana cukup dramatis kalau boleh saya bilang.

Di saat calon penumpang kereta dan penghuni stasiun lainnya resah oleh hujan yang tiba-tiba datang, anak-anak ojek payung mulai menawarkan jasa payungnya. Mereka datang tiba-tiba hanya dengan berbekal ‘undangan’ hujan. Mereka tampak bersuka cita. Baginya, hujan adalah uang. Beda nasib memang. Para pendagang asongan stasiun justru sibuk mengamankan dagangannya dari guyuran air hujan. Dengan gerutu kesal yang memang harus mereka keluarkan daripada mengendap dalam pikiran.

Hujan sore ini benar-benar deras, semacam shower ajaib dari langit dengan volum maksimal. Petir pun tak tinggal diam. Menggelegar. Saat saya yang hendak mengambil wudhu pun sedikit gentar. Tempat wudhu tidak sepenuhnya beratap. Jadi, dengan hujan yang seperti itu, membuat semuanya basah sekaligus resah.

Hujan dan petir kini beradu, mengiringi solat saya. Saya pun teringat, petir ini milik siapa? Ya, Tuhan.

Pulang kali ini saya diingatkan Tuhan.

Leave a Reply

