605 A

Minggu saya 21 April kali ini jadi beda gara-gara 605 A. Tahu kenapa? 605 A berhasil membawa saya kepada sesuatu yang belum pernah saya alami sebelumnya. Masih bingung? Oke. Petunjuk pertama, 605 A bukan kode rahasia atau nomer rumah seseorang. Petunjuk kedua, Kemang.

Haha, Metromini-mania atau Kopaja-mania pasti sudah bisa menebaknya.

Ya, 605 A adalah salah satu nomor bus Kopaja, jurusan Blok M – Ragunan, yang melewati Kemang. Hari itu, sudah tiga kali saya naik Kopaja 605 A. Saya mengikuti acara Bincang Edukasi di daerah Kemang dan sorenya berjanji bertemu dengan seseorang di Mc Donald Kemang. Mungkin karena baru pertama, pengalaman yang saya dapatkan langsung meninggalkan kesan tersendiri.

Terharu
Sore itu Kemang macet. Macet karena lampu merah. Wajar. Mobil yang lalu lalang tak seimbang dengan badan jalan yang tak seberapa lebar. Kopaja berjalan pelan, merayap padat bersama mobil-mobil pribadi dan taksi di sisa-sisa hujan. Dalam kondisi seperti itu, suasana memang serba tidak enak. Di dalam Kopaja terasa lembab dan panas. Tak ada angin yang membawa udara segar menyejukkan.

Seorang anak laki-laki yang sedang dipangku ibunya, di depan saya persis, mulai bertingkah. Ia sudah tidak merasa nyaman duduk di pangkuan ibunya. Ia meronta pelan ingin melepaskan diri dari dekapan sang ibu. Kasihan, saya pun menawarinya satu pounch kentang goreng Mc Donald, sisa meet up dengan klien tadi. Sang ibu dan si anak hanya memandang saya sambil tersenyum tapi tak maksimal. Isyarat menolak halus. Oke, wajar kok menolak pemberian orang yang belum dikenal, apalagi makanan dan minuman, antisipasi dini tindak kejahatan. Halo, apakah saya bermuka jahat??

Detik berikutnya, saya mendengar si anak meminta manja sang ibu untuk membelikannya minuman dingin. Ibunya pun mengiyakan segera karena si ibu juga merasakan hal yang sama, sekaligus meredam tingkah si anak. Belum puas juga, si anak tiba-tiba menyanyikan lagu ‘Ibu Kita Kartini’:

Ibu Kita Kartini, putri sejati, putri Indonesia, harum namanya ….. sungguh besar cita-citanya, bagi Indonesia

Saya yang berdiri hanya beberapa centimeter dari si anak merasa terharu. Ini adalah lagu ‘Ibu Kita Kartini’ pertama yang saya dengarkan pada hari itu, hari Kartini. Saya memang mengidolakan ‘Ibu Kartini’ tapi semakin saya dewasa, saya makin ‘kehilangan cara’ untuk merayakan hari lahir idola saya dan akhirnya saya lupa. Zaman sekolah dulu, sekolah memfasilitasi dengan berbagai lomba dan tentu saja guru-guru dengan setia mengulangi cerita tentang sosok Kartini. Siapa yang tidak suka coba??

Salah Prasangka
Di kilometer selanjutnya, kopaja dihentikan oleh seorang penumpang. “Ciiit…“, kopaja berhenti gesit. Saya tak bisa melihat si penumpang sampai dia naik ke dalam kopaja. Olala, ada anak laki-laki berpenampilan necis naik kopaja.

Yang kenal dekat dengan saya, pasti tahu. Saya adalah fashion police. Saya suka mengamati apa yang dikenakan orang-orang. Berhubung yang memungkinkan pandangan saya adalah si anak necis, jadilah di anak necis objek pandangan saya.

Dibanding penumpang lain, si anak necis sangat mencolok. Di saat penumpang lain terlihat kuyu karena keringat beraktivitas seharian, dia terlihat klimis dan wangi, seperti beberapa menit yang lalu baru selesai mandi. Kemeja bermotof garis tipis yang dikenakannya rapi. Memang sedikit tidak matching dengan celana bahan model pensil yang menyempit ala The Changcuters. Tapi apalah, berhubung dia rapi, dia terlihat trendy. Rambutnya seperti model Ahmad Dhani, semi plontos dengan sidikit aksen punk.

Hati saya sudah riuh bermain tebak-tebakan, hendak kemana si anak klimis ini? Nongkrong? Jalan-jalan? Tapi…, ah tapi… Pandangan saya berangsur ke bawah. Tangannya menenteng sesuatu dan sesuatu itu adalah Al-Kitab. God, si anak klimis hendak ke gereja.

Saya malu pada hati saya yang sudah bermain tebak-tebakan asal. Prasangka yang tak beralasan dan sama sekali salah terka! I’m sorry. Best of u, u are a good boy!

Leave a Reply

