Ulang Tahun

Sembilan April adalah ulang tahun saya. Tak dirayakan seheboh anak selebriti ataupun sampai menggunakan paket pesta ala Chucky Kids di KFC. Pokoknya biasa. Sekedar ucapan ‘happy birthday, wish u all the best‘ dari teman-teman via salaman langsung, tweet, atau wall facebook. Jadi bagi saya, membicarakan ulang tahun saya di bulan Maret adalah sesuatu yang aneh. Ya, aneh! Saya katakan aneh karena tak biasa saya lakukan. Tapi tidak begitu bagi mama untuk tahun ini.

Ulang tahun 2012 di daerah penempatan

Ulang tahun 2012 di daerah penempatan

Mama, orang yang melahirkan saya, beberapa waktu yang lalu mengirimkan sms mengenai kado ulang tahun. Heh? Saya kaget. Saya katakan pada mama bahwa ini masih bulan Maret. Awal Maret! Terlalu dini untuk memikirkan sekaligus menanyakan kado ulang tahun. Tapi mama tetaplah mama, teguh pada pendiriannya. Dibombardirnya saya dengan beberapa pertanyaan seputar kado ulang tahun saya nanti.

Puas bertanya, mama pun berhenti. Tanda mama sudah menemukan kado yang pas untuk ulang tahun saya nanti. Saya hanya tersenyum simpul mencoba mengingat kembali beberapa puluh tahun ke belakang. Saat itu, saya masih bayi. Ya, bayi dalam perut mama. Mungkin inilah yang dirasakan mama di bulan Maret kala itu. Perasaan dag-dig-dug tak karuan menanti satu bulan menjelang kelahiran saya. Ibu hamil mana yang tak gembira coba, anaknya akan segera lahir ke dunia?

Mungkin ini cara mama bernostalgia. Kegembiraan menanyakan kado menjelang ulang tahun saya bersanding dengan memori kegembiraan menjelang saya lahir dulu, 9 April 1988. Apakah tebakan saya ini meleset? Ah, tidak. Ter-la-lu kalau saya terlambat menyadari itu semua.

Dedicated to my beloved mama

Mama
by Spice Girl

She used to be my only enemy and never let me be free
Catching me in places that I knew I shouldn’t be
Every other day I crossed the line
I didn’t mean to be so bad
I never thought you would
Become the friend I never had

Back then I didn’t know why
Why you were misunderstood (Mama)
So now I see through your eyes
All that you did was love

Mama I love you, Mama I care
Mama I love you, Mama my friend
You’re my friend

I didn’t want to hear it then but
I’m not ashamed to say it now
Every little thing you said and did was right for me
I had a lot of time to think about
About the way I used to be [harmony]
Never had a sense of my responsibility

Back then I didn’t know why
Why you were misunderstood
So now I see through your eyes
All that you did was love

Mama I love you, Mama I care
Mama I love you, Mama my friend
You’re my friend, you’re my friend

But now I’m sure I know why (I know why)
Why you were misunderstood
So now I see through your eyes
(See through your eyes)
All I can give you is love
(All I can give you is love)

Mama I love you, Mama I care
Mama I love you, Mama my friend

Leave a Reply

