Jeans and Hijabers

Terlepas dari kontroversi mall, bagi saya, jalan-jalan ke mall itu begitu menjanjikan. Hiburannya ada dua, window shopping dan berlagak sebagai fashion police yang mengamati apa yang dikenakan orang-orang, free.

Sebagai hijabers, tentu perempuan-perempuan yang mengenakan jilbab lebih menarik perhatian saya. Enggak di Jogja, enggak di Surabaya, enggak di Bandung, enggak di Jakarta, hasil pengamatan saya, celana panjang masih menjadi primadona di kalangan hijabers. Lebih spesifik lagi, jeans.

Jeans
Ya, jeans. Jenis celana yang satu ini memang terlahir di dunia untuk berjodoh dengan siapapun. Nasibnya lebih beruntung jika dibandingkan dengan jenis celana lainnya. Selain mudah dipadu-padankan, jeans juga ever-lasting fashion. Enggak pernah dicap kuno kalau pakai jeans. Seseorang yang cinta bergaya casual, formal, informal, santai, bahkan seorang ‘abai-fashion’ pun tetap menyediakan tempat di almari baju untuk jeans kesayangannya.

Pants for Hijabers, I Called ‘Celana Jenis Baru’
Wabah berjeans-ria ini ternyata merambah sampai ke kalangan hijabers. Walau jujur, ada pula yang berusaha berpaling dari jeans dengan menciptakan jenis celana panjang lain yang bisa dipakai oleh hijabers (saya mention di tulisan ini sebagai ‘celana jenis baru’).

Faktanya,’celana jenis baru’ ini tetap belum 100% menarik kalangan hijabers. Cek deh di sekitar kita. Menurut saya, ‘celana jenis baru’ ini tampak lebih ribet dan tidak sefleksible jeans. Untuk memadu-padankan pun harus berpikir ekstra, kecuali ya bagi hijabers yang memang berada di kalangan hijabers yang ber-fashion seperti itu. Menggunakan ‘celana jenis baru’ ini membutuhkan kepercayaan diri ekstra karena pasti akan menimbulkan efek beda. Enggak percaya? ‘Celana jenis baru’ ini memang diciptakan ‘gombrong’ alias longgar, alias tidak pas di badan, sehingga orang yang berukuran tubuh tertentu akan berpikir seribu kali sebelum memakainya. Ya, fashionista semua pasti tahu, hidup tidaklah semudah model di sebuah majalah fashion. Tampak indah sekilas, tapi nyatanya akan berbeda sekali jika kita yang memakainya.

So, What Should We Do, Hijabers?
Be careful!
– U can choose jeans for ur fashion but u should know the ‘rules’ (syar’i).
– Mix n match ur jeans with ur long blouse/shirt/dress/etc. So, it will not ‘expose’ u.
– Keep the spirit of ‘Good Clothes’. Good clothes are not about price, but what u feel
when u wear it.đŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: