Anak-Anak Bercerita Tentang Pulaunya

PEMANDANGAN DI PULAU BAWEAN

Karya: Ainul Yakin
SD Negeri 2 Kepuh Legundi
Tambak – Pulau Bawean

Bawean sangat indah. Banyak pegunungan dan hutan yang lebat. Selain pegunungan dan hutan, ada juga Danau Kastoba dan air panas. Dana Kastoba ada di Desa Pasar dan air panas ada di Desa Kepuh.

Kondisi di Bawean sangat nyaman karena di sekelilingnya banyak pohon sehingga udara di Bawean waktu musim panas menjadi sejuk. Kalau musim hujan, di Bawean sangat dingin sehingga banyak orang yang sering tidur karena musim hujan enak untuk tidur.

Di Bawean, ada air terjun Lanthong. Air terjun di sana sangat deras sehingga kalau hari Minggu banyak orang yang datang ke sana. Di Bawean, juga ada lapangan terbang tapi belum jadi. Kalau lapangan terbangnya sudah jadi, pasti banyak turis yang berdatangan sehingga Bawean menjadi ramai.

Selain itu, ada gunung yang sudah mati. Namanya Gunung Gigir. Gunung Gigir menjadi tempat untuk bermain baling-baling atau dalam bahasa Bawean disebut ‘ater-ateran’. Kalau musim panen, banyak orang yang bermain baling-baling sehingga di Gunung Gigir menjadi ramai.

DANAU KASTOBA

Karya: Buang
SD Negeri 2 Kepuh Legundi
Tambak – Pulau Bawean

Pagi yang ceria, mentari bersinar begitu indah, ditambah dengan embun pagi yang menebarkan bau basah. Di saat aku terjaga dari bangun tidurku. Lalu, bersiap-siap untuk melakukan perjalanan menuju Danau Kastoba.

Kami melakukan perjalanan ke sana selama satu jam. Kami membawa mobil ke sana di perjalanan menuju Danau Kastoba. Danau Kastoba terletak di Desa Candi. Aku dan keluargaku asyik mengobrol dan membayangkan betapa indahnya pemandangan di Danau Kastoba.

Ini adalah pertama kali aku berekreasi ke Danau Kastoba. Kami melewati banyak desa untuk menuju Danau Kastoba. Setelah sampai di sana, kami menaiki tangga yang sangat panjang untuk mencapai ke tempat tujuan. Beraneka pohon tumbuh di sepanjang jalan.

Setelah sampai di Danau Kastoba, aku sangat kagum melihat hamparan danau yang begitu luas. Airnya begitu jernih, dikelilingi banyak pohon. Ayah dan adikku sibuk memancing di sana. Suasananya sangat indah dan sejuk sekali. Tanpa terasa begitu banyak waktu yang kami habiskan. Hari sudah larut siang. Lalu, kami sekeluarga bergegas pulang.

Sebenarnya, aku tidak ingin pulang karena di sana begitu indah dan sejuk sekali. Itulah pengalamanku saat pergi ke Danau Kastoba.

GUNUNG LANCANG

Karya: Riza Orlina
SD Negeri 2 Kepuh Legundi
Tambak – Pulau Bawean

Di Bawean, banyak pegunungan. Saya sangat senang sekali pergi ke gunung. Pada hari Jumat, saya bermain bersama teman-teman tapi saya sangat senang sekali karena gunung di Bawean tidak ada yang aktif.

Saya dan teman-teman sangat senang melihat pemandangan di pegunungan dan bisa melihat sawah yang sangat indah. Kata orang, pegunungan itu diberi nama Gunung Lancang. Di sana, saya sering menanam singkong dan kacang. Di sana juga banyak rumputnya.

Kadang-kadang, saya dan teman-teman mengambil rumput ke Gunung Lancang. Saya sangat sedih waktu itu karena teman saya terjatuh dan kakinya terluka. Saya langsung mengambilkan obat-obatan seperti daun-daunan. Setelah diberi obat, teman saya bilang sudah tidak terasa sakit dan saya ikut senang kalau sudah tidak sakit lagi.

Gunung Lancang sangat indah dan saya sangat senang. Kalau sedang sedih, saya sering bermain ke sana.

KEINDAHAN PANORAMA PUNCAK GUNUNG GIGIR

Karya: Jumaidah
SD Negeri 2 Kepuh Legundi
Tambak – Pulau Bawean

Pagi hari yang cerah, mentari bersinar begitu indah. Kicauan burung-burung menambah keindahan panorama gunung Gigir. Rumah-rumah penduduk yang terlihat menambah suasana keindahan yang ada di desa kami.

Pada hari Minggu, di waktu senggang, saya dan kakak saya selalu bermain ke puncak Gunung Gigir. Rumah-rumah dan penduduk yang terlihat menambah suasana keindahan yang ada di desa kami.

Perjalanan yang kami tempuh cukup melelahkan karena kami harus mendaki gunung untuk mencapai puncak Gunung Gigir. Perjalanan itu sangat berarti buat kami. Sejuknya angin yang bersemilir yang menerpa ilalang-ilalang menambah suasanan keindahan di sana.

Banyak sekali jenis tumbuhan yang ada di sana. Terik matahari pun tak terasa. Kami bisa berteduh di bawah pepohonan tersebut. Setelah sampai di puncak Gunung Gigir, kami asyik bermain bersama, berkejar-kejaran di ilalang-ilalang. Tanpa terasa banyak waktu yang kami lewatkan bersama, lalu kami istirahat sejenak.

Tiba-tiba, kakakku memanggilku. Dia menyuruhku untuk membantunya meneliti tumbuhan apa saja yang ada di sana. Dengan sangat senang, aku membantunya.

Aku mendapatkan banyak pelajaran dari kakakku. Mulai dari belajar tumbuhan dari tingkat rendah sampai tumbuhan tingkat tinggi, mulai dari proses pertumbuhannya sampai proses fotosintesis. Kakakku menjelaskan dengan sangat rinci kepadaku. Setelah selesai melakukan penelitian, kami bergegas pulang karena hari sudah larut siang.

Itulah pengalamanku saat bermain ke Gunung Gigir. Perjalananku sangat mengesankan. Di samping itu, banyak sekali ilmu pengetahuan yang aku dapatkan.

PANTAI DI BAWEAN

Karya: Nur Atika
SD Negeri 2 Kepuh Legundi
Tambak – Pulau Bawean

Pada hari libur sekolah, aku dan teman-temanku berlibur ke pantai. Pemandangan di pantai indah sekali. Banyak pepohonan seperti pohon bakau. Pohon bakau sangat bermanfaat bagi laut karena dapat mencegah abrasi. Kita dapat bermain pasir dengan asyik tapi kita harus ingat waktu. Pada saat bulan purnama, keadaan air di laut menjadi surut. Pada saat malam hari, banyak nelayan pergi ke pantai untuk mencari ikan. Aku pernah melihat nelayan baru datang dari pantai. Aku melihat ikan yang dibawa oleh seorang nelayan ternyata besar-besar.

Tapi tidak semua orang datang ke pantai. Mungkin cuma sedikit karena kebanyakan orang yang datang ke Grujukan Lanthong. Mau tahu kenapa orang senang datang ke Grujukan Lanthong? Karena air di Lanthong lebih indah daripada di pantai. Nah, itulah mengapa banyak orang yang datang ke Lanthong.

Leave a Reply

