We’re NOT Object

Menjelang malam, setelah berbuka, biasanya saya bermain-main dengan channel berita di TV. Maklum, saya anggap menonton berita di TV adalah cara termudah untuk membaca semua media cetak yang terbit hari itu. Jadi, kalau pun tak sempat, saya tidak usah susah-susah membaca, kan?

Sayangnya, tidak semua yang saya lihat di TV adalah berita yang baik. Kalau diitung-itung, saya lebih banyak tersentak kaget daripada manggut-manggut penuh pengertian. Tersangka kasuslah, bencana alam, korupsi, tawuran, aksi-aksi vandalisme, huwaaa.. rasanya pengen teriak saja.

Dan malam ini, saya enggak cuma tersentak, tapi juga geleng-geleng kepala. Sebagai seorang perempuan, saya turut sedih dan kecewa. Saat itu diberitakan tentang aksi aparat NAD yang merazia perempuan-perempuan berpakaian/bercelana ketat yang sedang mengendarai motor di jalan. Seperti yang saya lihat di gambar reportasenya, perempuan-perempuan itu seperti ditilang. Mereka diberhentikan dan diberikan pengarahan. Lucunya, yang melakukan sidak adalah aparat laki-laki. Wow? Atas nama kepedulian, ketaatan pada peraturan daerah, atau sekedar eksploitasi tubuh perempuan??

Sekali lagi, sebagai seeorang perempuan, saya turut bersedih. Ada apa dengan kami, sehingga kami harus sedemikian rupa diatur dan diarahkan? Atas nama kebaikan kamikah? atau hanya karena kami dianggap sebagai objek yang bisa diatur dan diarahkan sedemikian rupa? Tubuh? Tubuh kami? Ada apa dengan tubuh kami? Pun, tubuh kami bukan objek.

Saya kecewa. Seolah-olah, hanya perempuan yang bersalah sehingga harus ditertibkan dan dirazia. Mungkin, jika yang merazia adalah perempuan, saya masih bisa menerima berita itu. Masalahnya, dalam kasus ini adalah laki-laki. Sampai detik saya menulis ini saja, saya masih terbayang gambar reportasenya. Lucu, sungguh lucu! Ironis, membuat saya ingin menangis. Adakah yang salah dengan kaum saya? Sekali lagi, kami bukan objek!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: