Kuliner: Rujak dan Es Cendol Bawean

Walaupun masih dalam gugusan pulau yang sama, yaitu pulau Jawa, pulau Bawean memiliki kuliner yang unik yang patut untuk dicoba. Namanya rujak. Sepintas namanya nampak tidak asing. Cara pengucapannya pun mirip dengan dialek Jawa. Lalu apa yang membuatnya istimewa? Tentu saja isinya.

Jika di Jawa, rujak adalah makanan yang terdiri dari buah-buahan segar yang dicampur sedemikian rupa dengan bumbu pedas gula jawa. Tidak demikian dengan di Bawean. Jangan harap dapat menemukan potongan-potongan buah segar di sepiring rujak karena rujak di Bawean adalah lontong yang berisi kacang panjang, kecambah, kerupuk, dan tak lupa diberi bumbu kacang. Yah, kurang lebih mirip dengan ‘Lotek’ di Jawa.

Selain rujak yang unik, ada pula minuman yang boleh kita sebut ‘Indonesia banget’. Namanya es cendol. Es Cendol Bawean adalah minuman segar dengan cita rasa gula aren yang khas, manis sempurna. Maklum, di Bawean banyak kita jumpai pohon-pohon aren yang nantinya diolah menjadi gula aren.

Salah satu warung yang menjual Rujak dan es Cendol Bawean adalah warung biru. Sebenarnya, warungnya tidak bernama demikian. Hanya karena hampir semua dinding sengnya dicat biru, maka saya namakan warung biru. Warung biru terletak di depan Pesanggrahan, Sangkapura. Udara segar dari pinggir pantai menambah sejuknya suasana saat menyantap rujak dan es cendol Bawean di warung biru. Ingin mencoba? Mari mampir.

Rujak Bawean

Es Cendol Bawean

2 comments
  1. cumi said:

    sebagai anak bupati gresik … rasa nya saya harus berkunjung ke bawean mencoba rujak nya xixixiixix #kaburrrrrrrrrrrr

    Like

    • novi said:

      Kalo uda nyoba ceritain aq yaa….xixixi

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: