Taman Pintar, Dunia Kecil Kami

Taman Pintar

Apa itu ‘Taman Pintar’?
‘Taman Pintar’ adalah perpustakaan mini yang saya dirikan di Dusun Panyalpangan, tempat saya mengabdi sebagai Pengajar Muda, pada awal bulan Juli 2011. Tempatnya sangat strategis, yaitu di sudut ruang tamu rumah hostfam saya. Pak Soekanto, ayah angkat saya, tidak keberatan meja di ruang tamunya saya ‘pinjam’ untuk meletakkan beberapa koleksi buku, poster-poster edukatif, dan beberapa mainan edukatif.

Pada awal berdirinya, anak-anak masih malu-malu untuk memegang buku-bukunya. Mungkin mereka takut, mengingat aneka buku yang berwarna-warni itu masih asing bagi mereka, anak pedalaman. Tapi tampaknya, keingintahuan mereka lebih besar daripada rasa ketakutannya. Dengan satu kalimat mantra, “Ayo sini-sini, tidak usah malu-malu, boleh dilihat kok,” gruduk, gruduk, gruduk… mereka pun langsung berlarian kecil mengerubungi meja kecil itu.

Buku-buku Apa Saja yang Ada di Taman Pintar?
Koleksi buku di Taman Pintar didominasi oleh buku-buku anak-anak. Ada majalah, majalah sains, ensiklopedia, atlas, buku cerita rakyat, kamus bahasa, buku pengetahuan agama, buku pelajaran, dan lain-lain. Selain itu ada juga poster edukatif dan mainan edukatif seperti puzzle huruf dan puzzle angka.

Taman Pintar tidak hanya mengoleksi buku-buku baru, buku-buku bekas pantas baca juga ada. Semuanya tersedia. Bagi Taman Pintar, buku adalah ilmu, buku adalah jendela dunia. Tidak ada perbedaan yang berarti antara buku bekas dan buku baru. Mungkin dari segi penampilan lebih sedap dipandang buku baru, tapi isi pengetahuannya sama saja kan?

Siapa Saja Sahabat Taman Pintar

Salah satu sahabat Taman Pintar di Jakarta

Koleksi buku-buku, poster-poster edukatif, dan mainan edukatif yang ada di Taman Pintar, tidak dengan sendirinya datang. Selain dari uang pribadi, koleksi buku-buku, poster-poster edukatif, dan mainan edukatif itu saya dapatkan dari orang-orang atau komunitas yang menyumbang. Mereka itu adalah yang saya sebut sebagai Sahabat Taman Pintar.

@Infogresik adalah Sahabat Taman Pintar. Melalui programnya yang bernama #berbagibuku, mereka membagikan beraneka buku, poster edukatif, dan mainan edukatif secara cuma-cuma di seluruh wilayah Gresik. Pulau Bawean merupakan wilayah pertama yang mendapatkan bantuan buku. Penyaluran bantuan buku dilakukan pada tanggal 24 Juli 2011. Mas Rofi’i dan Irwan dari @Infogresik sengaja datang ke Pulau Bawean untuk mengantarkan buku-buku tersebut.

Selain @Infogresik, sahabat Taman Pintar lainnya adalah Indonesia Menyala. Indonesia Menyala adalah suatu program berbagi buku untuk membantu ‘menyalakan’ dunia pendidikan Indonesia melalui buku. Tanggal 19 November 2011, buku-buku dari Indonesia Menyala mendarat di Pulau Bawean. Selain bantuan buku, Indonesia Menyala juga memberikan sebuah tas backpack besar sebagai perpustakaan keliling. Tas backpack ini mirip kantong ajaib milik Doraemon. Selain berisi buku, ada juga mainan edukatif dan tentu saya, tikar!

Ingin Menjadi Sahabat Taman Pintar?
Tertarik ingin menjadi Sahabat Taman Pintar? Jika ingin bergabung menjadi Sahabat Taman Pintar, caranya sangat mudah. Cukup dengan menyumbang buku, boleh buku baru atau buku bekas pantas baca ke Taman Pintar. Informasi lebih lanjut bisa dilihat di twitter @penyalabawean atau gabung di facebook Bawean Menyala dan dapat mengontak saya di twitter @hetyhety atau facebook Hety A Nurcahyarini. Ikuti terus Cerita Pengajar Muda di http://www.mynameishety.wordpress.com dan http://www.indonesiamengajar.org

Mari Lebarkan Senyum Anak-anak Indonesia dengan Buku dan Pendidikan. Kalau bukan kita, siapa lagi? Kalau bukan sekarang, kapan lagi?🙂

Baca Yuuuuk

Pulang sekolah mampir membaca buku

1 comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: