Cuci Piring Itu Indah

Mau tau cara saya berkenalan dengan yang namanya ‘cuci piring’? Saya selalu mengingatnya. Baca ini.

Cerita ini terjadi pada saat saya masih TK 0 besar (baca: enol besar). Saat di kelas, ibu guru TK saya tidak henti-hentinya mengkampanyekan gerakan ‘ayo membantu orang tua’. Yaa.. intinya kurang lebih, kalau di rumah kita harus membantu orang tua. Setiap lagu yang diajarkan, liriknya selalu ada kata-kata ‘membantu orang tua’. Memberi pelajaran pun disisipi kata-kata ‘membantu orang tua’.

Nah, saya (hety kecil) sepertinya sudah terpengaruh ajaran itu.

Siang itu, setelah makan siang, saya berencana untuk mencuci piring yang telah saya gunakan untuk makan. Tempat cuci piring di rumah saya yang dulu memang terletak di belakang rumah, tidak menjadi satu dengan dapur seperti rumah jaman sekarang.

Baru asik-asiknya mencuci piring dengan busa yang berlimpah (saya sengaja memberi sabun yang banyak, agar saya bisa bermain-main dengan busanya hehe :p), papa saya memanggil, “Hetyyyyyyy, kamu lagi ngapain? Hayoh, jangan main air, sudah biar mbak (note: ‘mbak‘=pembantu saya) yang mencuci piring.”

Dan saya menjawab dengan canggihnya (*songong bin sombong :p),”Baru cuci piring paaaa…” Dan tahu apa yang terjadi? Sepertinya saya kualat dengan papa saya. Entah bagaimana ceritanya, piring itu lepas dari pegangan saya, ‘Pyar’.

“Hayoooh, piringnya pecah kaaaaaan? Sudah ayo sini, bobok siang aja. Piringnya biar diberesin si embak.”

Antara malu dan gondok. Saya tinggalkan piring pecah yang masih penuh busa itu di tempat cuci piring dan beranjak masuk rumah, menuruti nasehat papa.

Zzz.. “Ibu guruuuu, bagaimana ini?” batin saya.

Begitulah, cara hety kecil berkenalan dengan yang namanya ‘cuci piring’. Sangat tak terlupakan hehe :p.

cuci piring bersama pas buka bersama anak-anak IPS (ada gretta, hety, dayang, lisa, en vera). cuci piring emang lebih rame lebih asik.

Leave a Reply

