Perayaan Pekan ASI 2013 bersama World Vision Indonesia

Senin pagi ini, membaca email dari Mbak Tere, salah satu staff World Vision Indonesia (WVI), langsung membuat mata saya terbelalak. Dengan judul ‘Penyerahan Hadiah Lomba Penulisan Kompasiana dan World Vision’, email itu tampak mencolok di inbox saya. Maklum saja ya, sebenarnya, email itulah yang saya nantikan minggu-minggu ini sebelum berangkat mudik dari Ibukota.

Ternyata, selain perihal penyerahan hadiah lomba penulisan, email itu juga berisi ajakan untuk hadir dalam acara Perayaan Pekan Asi Sedunia di kantor WVI. Dengan antusias, saya membaca dan tanpa ba-bi-bu lagi, langsung saya reply via sms, sebagai tanda kesediaan hadir dalam acara itu.

Pukul 10.00 tepat, saya tiba di kantor WVI yang bernuansa orange. Meleset dari jam yang saya janjikan. Saya berjanji kepada Mbak Tere, baru akan datang pukul 11.00, dengan pertimbangan kemacetan ibukota. Ternyata di luar dugaan, Jakarta benar-benar lenggang. Bapak supir taksi bebas tancap gas. Pukul 09.30 dari Permata Hijau, sampai di kantor WVI, di daerah Stasiun Gondangdia, pukul 10.00. Saya benar-benar merasa terberkati dan bersemangat karena dengan hadir tepat waktu, saya dapat menghadiri acara ini secara full.

Perayaan Pekan ASI
Perayaan Pekan ASI? Apa itu? Ya, di email hanya tertulis seperti itu. Saya sempat berpikir sesaat. Apa yang hendak dirayakan? Apa akan ada Posyandu dadakan beserta penimbangan balita di kantor WVI? Atau acara penyuluhan ala ibu-ibu PKK? Entahlah, saya juga semakin bertanya-tanya.

Rasa penasaran saya akhirnya, terjawab satu-persatu dengan berlangsungnya sesi dengan berbagai narasumber. Narasumber yang hadir memang bermacam-macam dari berbagai kalangan, mulai dari dokter staff WVI yang berbagi cerita tentang fenomena menyusui di berbagai daerah di Indonesia, HR staff yang menegaskan bahwa WVI mendukung keluarga staff untuk menyusi anaknya, ibu-ibu kader Dukung Busui (Ibu Menyusui) dari berbagai wilayah binaan WVI di Jakarta, serta keluarga dengan berbagai kisahnya yang mendukung para ibu untuk menyusui anaknya.

IMG_8044

IMG_8046

IMG_8048

Perayaan Pekan ASI kali ini benar-benar singkat, cukup dua jam saja, tetapi bagi saya, semuanya sarat makna. Walaupun saya baru pertama kali mengikuti acaranya, saya langsung terkesan. Semua tentang ASI dan apa pun yang dapat kita lakukan untuk mendukung Ibu Menyusui dijelaskan dengan istimewa. Saya sangat terinsiprasi dan ingin mendukung gerakan ini. Terima kasih World Vision Indonesia dan Child Health Now untuk ilmu dan hadiah blog competition-nya.

Para Pemenang

Para Pemenang

IMG_8058

IMG_8062

IMG_8063

Tahukah Kamu?
– Pekan ASI diperingati secara global setiap tahunnya pada tanggal 1-7 Agustus
– Hanya 15% bayi mendapatkan ASI eksklusif (Riskesdas, 2010)
– Hati-hati memperkenalkan makanan terlalu dini pada bayi. Kebutuhan bayi usia 0-6 bulan dapat dipenuhi semuanya melalui ASI.
– Sebenarnya, produk susu formula 0-6 bulan tidak diperkenankan secara terang-terangan dijual di toko-toko, apalagi iklan di media. Tetapi, hal ini justru marak terjadi di Indonesia. Dengan trik marketing yang sedemikian rupa, produsen susu formula 0-6 bulan berlomba-lomba untuk menggantikan ASI dan mempengaruhi konsumennya.
– Yuk, kita mulai dari lingkungan terdekat kita. Mari kita hadirkan generasi terbaik melalui ASI dengan mendukung Gerakan Ibu Menyusui #DukungBusui #BreastfeedingSupporters
– Sebagai bentuk kepedulian terhadap Gerakan Ibu Menyusui, tidak harus menjadi ayah ASI saja lho, bisa juga menjadi kakek ASI, nenek ASI, om ASI, dan tante ASI. Pokoknya, ayo kita tunjukkan kepedulian kita menyelamatkan generasi bangsa. Yuk, mana dukunganmu? :D

Ini Buatan Saya Sendiri:
– Ngomong-ngomong soal generasi bangsa, bagi saya ASI tidak hanya kependekan dari Air Susu Ibu, tetapi juga Ayo Selamatkan Indonesia. Hehe, nice, kan? :D

1 Response to “Perayaan Pekan ASI 2013 bersama World Vision Indonesia”


  1. 1 ve August 15, 2013 at 9:42 AM

    tante keren!

    feeling gw lw bakal jd org besar.. :’)

    Like


Leave a Reply

My blog!

"Jika umurmu tak sepanjang umur dunia, sambunglah dengan tulisan..."
(Pramoedya Ananta Toer)

Meet The Chef

Berbagi cerita.

Join 2,907 other followers

My Tweets


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 2,907 other followers

